Kamis 18 Agustus 2022, 13:55 WIB

Tiongkok Latihan Militer Bersama Rusia

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Tiongkok Latihan Militer Bersama Rusia

AFP
Presiden China/Tiongkok, Xi Jinping

 

KEMENTERIAN Pertahanan Beijing melaporkan pasukan Tiongkok akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk mengambil bagian dalam latihan militer bersama yang akan dimulai pada akhir bulan ini.

Bulan lalu, Moskow mengumumkan rencana untuk mengadakan latihan militer Vostok (Timur) dari 30 Agustus hingga 5 September, dimana beberapa pasukan asing juga akan ambil bagian tanpa menyebutkan nama mereka.

Beijing dan Moskow memiliki hubungan pertahanan yang erat. Tiongkok mengatakan ingin mendorong hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi, bahkan ketika Moskow menghadapi sanksi internasional dan kecaman luas atas invasi 24 Februari ke Ukraina.

"Tujuannya adalah untuk memperdalam kerja sama yang praktis dan bersahabat dengan tentara negara-negara yang berpartisipasi, meningkatkan tingkat kolaborasi strategis di antara para pihak yang berpartisipasi, dan memperkuat kemampuan untuk menanggapi berbagai ancaman keamanan,” kata kementerian pertahanan Tiongkok dalam sebuah pernyataan.

India, Belarus, Mongolia, Tajikistan dan negara-negara lain juga akan berpartisipasi.

Hubungan antara Rusia dan Tiongkok telah tumbuh semakin dekat di bawah Presiden Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Beijing telah berada di bawah tekanan karena penentangannya terhadap sanksi yang dijatuhkan oleh banyak negara Barat atas perang tersebut.

Sesaat sebelum invasi, Moskow dan Beijing menyepakati kemitraan tanpa batas. Beijing mengatakan keputusannya untuk berpartisipasi dalam latihan bersama itu tidak terkait dengan situasi internasional dan regional saat ini.

Setahun yang lalu, Rusia dan Tiongkok mengadakan latihan militer bersama di utara-tengah Tiongkok yang melibatkan lebih dari 10.000 tentara.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memuji latihan di Ningxia Tiongkok dan menyarankan mereka dapat dikembangkan lebih lanjut.

Pada Oktober, Rusia dan Tiongkok mengadakan latihan angkatan laut bersama di Laut Jepang. Beberapa hari kemudian, kapal perang Rusia dan Tiongkok mengadakan patroli bersama pertama mereka di Pasifik barat.

Bulan berikutnya, militer Korea Selatan mengatakan telah mengerahkan jet tempur setelah dua pesawat tempur Tiongkok dan tujuh milik Rusia masuk ke zona identifikasi pertahanan udara sebagai pelatihan reguler. (Aljazeera/OL-13)

Baca Juga: Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

Baca Juga

AFP/TOM HARRISON

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB
Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke...
AFP/ Sean Rayford

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB
Ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam...
AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya