Kamis 21 Juli 2022, 12:53 WIB

Mercosur Tolak Permintaan Zelensky untuk Berpidato

Mesakh Ananta Dachi | Internasional
Mercosur Tolak Permintaan Zelensky untuk Berpidato

AFP/Sergei SUPINSKY
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

 

BLOK perdagangan Mercosur, yang terdiri dari negara di benua Amerika Selatan, telah menolak permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk berpidato di KTT mereka yang akan datang. Hal itu dikatakan tuan rumah KTT Mercosur, Paraguay Rabu (20/7).

Anggota blok Argentina, Brasil, Uruguay, dan Paraguay gagal mencapai kesepakatan atas permintaan Zelensky, yang diajukan ke negara tuan rumah pekan lalu, menurut Wakil Menteri Luar Negeri Paraguay Raul Cano, yang menolak mengatakan negara mana yang menentangnya.

Zelensky telah berpidato di beberapa parlemen nasional serta forum regional dan internasional sejak invasi Rusia ke negaranya pada Februari, termasuk di NATO, G7, Forum Ekonomi Dunia, PBB, dan bahkan Festival Film Cannes.

Baca juga: Rusia Perluas Serangan, AS Kirim 4 Himars ke Ukraina

Pemimpin Ukraina itu berbicara kepada Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez, pekan lalu, meminta untuk diizinkan berpidato di KTT Mercosur yang akan diadakan pada Kamis (21/7), setelah pertemuan tingkat menteri pada Rabu (20/7).

"Tidak ada konsensus," kata Cano, seraya menambahkan keputusan itu telah dikomunikasikan ke Kiev.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang kehadirannya di Konferensi tersebut belum dikonfirmasi, mengatakan negaranya akan tetap netral atas perang Rusia di Ukraina.

Bolsonaro, sebelumnya, telah melakukan perjalanan ke Moskow untuk berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Februari, hanya beberapa hari sebelum invasi.

Bulan lalu, Bolsonaro mengatakan dia telah menerima jaminan dari Putin, bahwa Rusia akan terus mengirimkan pupuk yang sangat dibutuhkan untuk raksasa pertanian Amerika Selatan itu.

Pekan lalu juga, Brasil mengatakan akan tetap membeli diesel sebanyak mungkin dari Rusia, meskipun ada sanksi internasional terhadap Moskow.

Presiden Argentina Alberto Fernandez juga berada di Moskow pada awal Februari. Pada hari dimulainya invasi pada 24 Februari, Fernandez mendesak "semua pihak" dalam sebuah cuitan "untuk tidak menggunakan kekuatan militer."

"Kami meminta Federasi Rusia untuk mengakhiri tindakan ini dan semua pihak yang terlibat untuk kembali ke meja dialog," katanya saat itu.

Brasil dan Argentina tidak menandatangani resolusi Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) pada 25 Februari, yang mengutuk perang yang terjadi di Ukraina, sementara Uruguay dan Paraguay melakukannya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Kuasa Hukum Assange Gugat CIA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:11 WIB
Mereka mengklaim hak mereka untuk mendapatkan perlindungan sebagai warga AS telah...
AFP

Raja Malaysia Tiba di Turki untuk Kunjungan Kenegaraan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 09:14 WIB
Raja Malaysia Sultan Abdullah tiba di Turki pada Senin (15/8) untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tujuh hari, menurut laporan...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar Jatuhkan Vonis Enam Tahun untuk Suu Kyi dalam Kasus Korupsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 05:15 WIB
Suu Kyi telah ditahan sejak pemerintahannya digulingkan oleh militer dalam kudeta pada 1 Februari tahun lalu yang mengakhiri periode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya