Kamis 14 Juli 2022, 08:59 WIB

Datangi Israel, Biden Ancam Habisi Iran

Cahya Mulyana | Internasional
Datangi Israel, Biden Ancam Habisi Iran

AFP/JACK GUEZ
Presiden AS Joe Biden saat tiba di Israel

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi Israel, Kamis (14/7). Biden menyatakan akan menyerang Iran jika negara itu enggan menghentikan pengembangan senjata nuklir.

"Jika itu (menghentikan nuklir Iran dengan perang) pilihan terakhir, ya harus dipilih," ungkapnya.

Koordinator Dewan Keamanan Nasional John Kirby menambahkan AS masih bernegosiasi dengan Iran. Sejauh ini terdapat poin-poin kesepakatan yang belum diterima Iran.

Baca juga: Iran Pastikan Perjalanan Biden tidak Jamin Keamanan bagi Israel

"Namun, saya ingin menambahkan, kami terus ingin melihat kesepakatan nuklir yang menghilangkan ambisi nuklir Iran, setidaknya ambisi senjata nuklir, dari meja," katanya.

Ia mengatakan Iran seharusnya menerima kesepakatan tersebut supaya terbebas dari isolasi dunia internasional. "Tanggung jawab ada di Iran untuk menerimanya."

Poin kesepakatan yang disinyalir masih belum diterima Iran mengenai pelabelan teroris terhadap Korps Garda Revolusi Iran oleh AS. Biden secara pribadi bersikeras mempertahankan status tersebut.

Usai mendarat di Bandara Ben Gurion, Biden disambut Perdana Menteri Yair Lapid dan Presiden Israel Isaac Herzog. Ketiganya memilih saling menempelkan kepalan daripada bersalaman dengan alasan mencegah penularan covid-19.

Palestina

Biden menegaskan keinginan AS untuk melanjutkan negosiasi dengan Iran, yang terhenti sejak 2014, untuk pendirian negara Palestina di wilayah yang diduduki Israel. Ia menyebut solusi dua negara sebagai harapan terbaik bagi kedua bangsa.

Kunjungan pertama Biden ke Israel sebagai presiden adalah yang kesepuluh kali selama karier politiknya yang panjang. Pertama kali dia mengunjungi Israel pada 1973 sebagai senator.

Biden akan menghabiskan dua hari di Jerusalem dan dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Israel sebelum bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Jumat (15/7), di wilayah pendudukan Tepi Barat. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP.

Iran Minta Saudi Bebaskan Warganya yang Ditangkap saat Haji

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 20:00 WIB
Iran pada Jumat (5/8) meminta Arab Saudi membebaskan salah satu warga negaranya yang ditangkap selama...
AFP/Manuel Balce Ceneta.

Ketua Uni Afrika Kutuk Serangan Israel di Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 19:25 WIB
Ketua Komisi Uni Afrika pada Minggu (7/8) mengutuk serangan-serangan udara Israel di Jalur Gaza ketika kekerasan meningkat di wilayah yang...
Antara/Mahmud Hams.

Reaksi Beragam terhadap Pertikaian Mematikan Israel-Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:05 WIB
Gejolak mematikan terbaru antara militer Israel dan militan Palestina di Gaza menarik reaksi beragam dari masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya