Senin 11 Juli 2022, 09:17 WIB

Semula Yamagami akan Bunuh Mantan PM Abe di Okayama

Cahya Mulyana | Internasional
Semula Yamagami akan Bunuh Mantan PM Abe di Okayama

AFP/Toru Hanai
Seorang pelayat mempersembahkan bunga di dekat pintu masuk gedung markas Partai Demokrat Liberal (LDP) di Tokyo pada 10 Juli 2022, menyusul

 

TERSANGKA penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo, Yamagami Tetsuya telah mengikuti korbannya itu sebelum di Kota Nara. Dari hasil penyidikian terungkap bahwa Yamagami berniat melancarkan aksinya saat Abe berkampanye di Okayama.

Yamagami gagal menembak mati Abe di Okayama karena pemeriksaan ketat terhadap seluruh tamu undangan. Yamagami yang tidak tertulis dalam daftar undangan tidak diizinkan memasuki area kampanye.

Abe ditembak Yamagami sebanyak dua kali hingga saat menyampaikan pidato kampanye di Kota Nara. Polisi mengatakan Yamagami yang berusia 41 tahun, warga asli Kota Nara dalam kondisi menganggur.

Para penyidik meyakini Yamagami telah lama menunggu kesempatan untuk membunuh Perdana Menteri Jepang terlama itu. Yamagami pun berusaha mencari kesempatan yang tepat.

Baca Juga: Facebook dan Twitter Hapus Video Penembakan Eks PM Jepang ...

Sementara masyarakat Jepang terus berkumpul di tempat penembakan Abe, Kota Nara. Mereka menyampaikan doa untuk Abe yang ditembak hingga wafat oleh Yamagami pada Jumat (8/7/).

Lebih dari 1.000 orang mengantre pada Minggu (10/7) siang untuk meletakkan bunga dan berdoa di tempat serangan, di depan sebuah stasiun kereta di kota yang berada di Jepang barat itu.

Seorang pria dari Okayama membawa dua putrinya yang masih kecil ke tempat itu. Ia mengatakan, "Saya tidak pernah membayangkan hal seperti ini terjadi. Saya berharap dengan datang ke tempat ini, putri-putri saya akan tertarik pada politik dan demokrasi." (NHK/OL-13)

Baca Juga: Ternyata Ini Motif Tersangka Pembunuh Abe

Baca Juga

MOHAMMED ABED / AFP

Indonesia Kutuk Kekejaman Israel di Gaza

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:38 WIB
Indonesia mengutuk keras serangan yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina. Serangan ini telah menewaskan 42 warga Gaza dan 300 lainnya...
AFP.

Iran Minta Saudi Bebaskan Warganya yang Ditangkap saat Haji

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 20:00 WIB
Iran pada Jumat (5/8) meminta Arab Saudi membebaskan salah satu warga negaranya yang ditangkap selama...
AFP/Manuel Balce Ceneta.

Ketua Uni Afrika Kutuk Serangan Israel di Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 19:25 WIB
Ketua Komisi Uni Afrika pada Minggu (7/8) mengutuk serangan-serangan udara Israel di Jalur Gaza ketika kekerasan meningkat di wilayah yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya