Rabu 08 Juni 2022, 08:45 WIB

Bank Dunia Setujui Bantuan Tambahan $1,5 Miliar untuk Ukraina

Nur Aivanni | Internasional
Bank Dunia Setujui Bantuan Tambahan $1,5 Miliar untuk Ukraina

AFP
Gubernur Bank Dunia David Malpass

 

BANK Dunia, pada Selasa, mengumumkan bantuan tambahan sebesar $1,5 miliar untuk Ukraina. Dengan begitu, total paket dukungan yang direncanakan menjadi lebih dari $4 miliar.

Invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari telah menciptakan krisis kemanusiaan dan menghancurkan ekonomi negara itu, menghancurkan infrastruktur dan menghalangi ekspor gandum, serta menguras kemampuan pemerintah untuk membayar tagihannya.

Dalam sebuah pernyataan, pemberi pinjaman pembangunan mengatakan bahwa pembiayaan baru itu akan digunakan untuk membayar upah bagi pemerintah dan pekerja sosial, yang mencatat bahwa dengan dana baru hampir $2 miliar telah dicairkan sejauh ini.

"Bank Dunia memberikan dukungan berkelanjutan untuk Ukraina dan rakyatnya dalam menghadapi perang yang sedang berlangsung," kata Gubernur Bank Dunia David Malpass dalam sebuah pernyataan.

"Kami bekerja dengan negara-negara donor untuk memobilisasi dukungan keuangan dan memanfaatkan fleksibilitas berbagai instrumen pembiayaan kami untuk membantu memberi warga Ukraina akses ke layanan kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial Ukraina," katanya.

Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pemerintahnya membutuhkan total $7 miliar per bulan dalam bantuan untuk terus berfungsi. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Laporan PBB: Mengakhiri Pendudukan Israel Kunci Hentikan Kekerasan

Baca Juga

AFP/Pavel Byrkin

Putin Kecam AS Soal Ukraina dan Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:00 WIB
"Situasi di Ukraina menunjukkan AS sedang berusaha untuk memperpanjang konflik ini. Mereka bertindak dengan cara yang persis sama,...
AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Kuasa Hukum Assange Gugat CIA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:11 WIB
Mereka mengklaim hak mereka untuk mendapatkan perlindungan sebagai warga AS telah...
AFP

Raja Malaysia Tiba di Turki untuk Kunjungan Kenegaraan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 09:14 WIB
Raja Malaysia Sultan Abdullah tiba di Turki pada Senin (15/8) untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tujuh hari, menurut laporan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya