Rabu 25 Mei 2022, 09:18 WIB

Menlu Turki Sepakati Sembilan Paket Ekonomi dengan Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Menlu Turki Sepakati Sembilan Paket Ekonomi dengan Palestina

AFP/Cem Ozdel/Kantor Pers Menteri Luar Negeri Turki.
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu (kiri) dan Menlu Palestina Riyad al-Maliki memberikan konferensi pers di kota Ramallah, Selasa (24/5).

 

DIPLOMAT top Turki pada Selasa (24/5) mengumumkan sejumlah kesepakatan baru untuk mendukung ekonomi Palestina yang sedang berjuang. Ini disampaikannya selama kunjungan tingkat tinggi pertama Turki ke Tepi Barat yang diduduki Israel dalam 15 tahun.

Selama perjalanan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu ke Ramallah, Turki menandatangani sembilan pakta baru dengan Otoritas Palestina yang diperangi, mulai dari pertanian hingga pendidikan dan perdagangan. Cavusoglu akan bertemu dengan pejabat Israel pada Rabu, langkah terbaru dalam pencairan diplomatik antara Ankara dan negara Yahudi itu. 

Dia juga akan melakukan kunjungan pribadi ke kompleks masjid Al-Asqa di Jerusalem timur yang dicaplok Israel. Bersama mitranya dari Palestina, Riyad al-Maliki, Cavusoglu berjanji melanjutkan rencana pembangunan zona industri di wilayah Palestina.

"Perintah yang diperlukan telah diberikan. Tidak ada halangan untuk menghindari dan menunda proyek ini," katanya. Ia juga menetapkan target perdagangan bilateral tahunan senilai US$2 miliar dan menjanjikan lebih banyak beasiswa dengan warga Palestina untuk belajar di Turki.

Bank Dunia memperingatkan bulan ini bahwa ekonomi Palestina berada dalam keadaan genting. Otoritas Palestina yang kekurangan uang--pemberi kerja utama Tepi Barat--hanya membayar sebagian upah sejak November.

Maliki menggambarkan kunjungan Cavusoglu sebagai bersejarah dan mencerminkan hubungan khusus antara kedua negara.
Turki telah lama menjadi pendukung vokal perjuangan Palestina, tetapi kunjungan ke Tepi Barat telah dihalangi oleh perpecahan diplomatik selama 15 tahun antara Ankara dan Israel.

Baca juga: Cela AS-Israel, Ribuan Orang Iran Hadiri Pemakaman Kolonel yang Dibunuh

Israel dan Turki mengumumkan era baru dalam hubungan setelah kunjungan Presiden Isaac Herzog ke Ankara dan Istanbul pada bulan Maret. Kunjungan Cavusoglu ke Ramallah terjadi saat kekerasan baru mengguncang titik panas Jenin di Tepi Barat.

Tentara Israel mengatakan baku tembak meletus antara pasukan dan warga Palestina selama serangkaian operasi terbaru di daerah Jenin dengan seorang pria yang diduga beraktivitas teroris ditangkap. Tiga warga Palestina terluka, menurut laporan kesehatan Palestina. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/GIORGIO VIERA

Republik Bela Trump yang Rumahnya Digeledah FBI

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:34 WIB
Politikus Partai Republik di DPR AS Kevin McCarthy mengatakan Departemen Kehakiman yang dipimpin Jaksa Agung Merrick Garland...
AFP

Tiongkok Rilis Buku Putih, Peringatkan Tidak akan Tolerir Separatis di Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:45 WIB
Dokumen tersebut menguraikan bagaimana Tiongkok bermaksud untuk mengklaim Wilayah Taiwan melalui berbagai insentif ekonomi dan tekanan...
ANTARA/Nova Wahyudi

Larangan UE Impor Batu Bara Rusia Mulai Berlaku

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:51 WIB
Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) tidak akan diizinkan untuk mengimpor batubara lagi dari Rusia setelah masa transisi embargo blok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya