Senin 09 Mei 2022, 08:32 WIB

Inggris Jatuhkan Sanksi Baru terhadap Rusia-Belarus

Nur Aivanni | Internasional
Inggris Jatuhkan Sanksi Baru terhadap Rusia-Belarus

AFP/ NIKLAS HALLE'N
Menteri Luar Negeri untuk Perdagangan Internasional Anne-Marie Trevelyan

 

INGGRIS akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia dan Belarus atas invasi Moskow ke Ukraina. Sanksi tersebut termasuk tarif impor logam mulia dan larangan ekspor.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Perdagangan Internasional mengatakan tarif impor tersebut termasuk platinum dan paladium, menargetkan perdagangan senilai £1,4 miliar atau $1,7 miliar. Sementara, larangan ekspor senilai £250 juta menargetkan manufaktur dan industri berat Rusia.

"Paket sanksi yang luas ini akan menimbulkan kerusakan lebih lanjut pada mesin perang Rusia," kata Menteri Luar Negeri untuk Perdagangan Internasional Anne-Marie Trevelyan.

"Ini adalah bagian dari upaya terkoordinasi yang lebih luas oleh banyak negara di seluruh dunia yang merasa ngeri dengan tindakan Rusia dan bertekad untuk menanggung kekuatan ekonomi kita guna membujuk (Presiden Rusia Vladimir) Putin untuk mengubah arah," tuturnya.

Baca juga: Nadal Kritik Larangan Tampil di Wimbledon untuk Petenis Rusia dan Belarusia

Sanksi baru Inggris itu membawa nilai total produk yang dikenai sanksi impor dan ekspor secara penuh atau sebagian menjadi lebih dari £4 miliar.

"Barang senilai lebih dari £4 miliar sekarang akan dikenakan sanksi impor dan ekspor, yang menyebabkan kerusakan signifikan pada upaya perang Putin," kata Menteri Keuangan Rishi Sunak.

Inggris telah menjatuhkan berbagai sanksi terhadap perusahaan dan individu Rusia sejak Rusia menginvasi Ukraina dengan bantuan Belarus pada Februari.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP

PBB Tinjau Kuburan Massal Muslim Uighur di Xinjiang, Tiongkok

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:32 WIB
Michelle Bachelet akan melihat langsung tempat-tempat yang disinyalir menjadi daerah pembantaian dan kekerasan terhadap muslim...
Wendell Teodoro / AFP

Calon PM Australia Petahana Scott Morrison Kalah Pemilu

👤: Cahya Mulyana 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:10 WIB
Hasil kumulatif menunjukkan Partai Buruh memperoleh keunggulan akibat koalisi Liberal Nasional yang mengusung Scott...
AFP/Noel Celis

Lockdown di Beijing Diperpanjang Hingga 28 Mei

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 22 Mei 2022, 11:59 WIB
Mulai akhir pekan ini, warga yang tinggal di Distrik Haidian juga akan bekerja dari rumah di samping warga dari empat distrik lainnya,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya