Minggu 01 Mei 2022, 06:30 WIB

Hamas Ancam Balas Aksi Israel di Al-Aqsa dengan Seranh Sinagoga

Cahya Mulyana | Internasional
Hamas Ancam Balas Aksi Israel di Al-Aqsa dengan Seranh Sinagoga

AFP/Ahmad GHARABLI
Warga Palestina menggelar aksi protes di Kompleks Masjid Al Aqsa, Jerusalem, di Salat Jumat terakhir di Bulan Ramadan.

 

KELOMPOK Palestina Hamas memperingatkan Israel untuk menghentikan kekerasan kepada warga Palestina di Masjid Al-Aqsa. Hamas menegaskan jika tindakan tidak terpuji Israel tersebut terus dilakukan akan dibalas Hamas dengan menyerang seluruh Sinagoga.

"Siapa pun yang mengambil keputusan untuk mengulangi adegan ini (kekerasan di dalam masjid Al-Aqsa) akan dibalas dengan serangan untuk menghancurkan ribuan sinagoga di seluruh dunia," kata kepala Hamas di Jalur Gaza Yahya Sinwar.

Polisi Israel, selama dua minggu terakhir, bentrok berulang kali dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks masjid Al-Aqsa, dengan rekaman yang menunjukkan mereka menembakkan gas air mata di dalam Al-Aqsa, memicu kecaman dari seluruh dunia.

Baca juga: Pasukan Israel Bunuh Warga Palestina dalam Serangan Baru di Tepi Barat

“Anda harus siap untuk pertempuran besar jika pendudukan (Israel) tidak berhenti menyerang Masjid Al-Aqsha,” kata Sinwar.

Dia mengatakan Hamas akan menembakkan ratusan roket ke Israel jika terjadi agresi di Al-Aqsa pada akhir Mei, ketika Israel menandai perebutan Jerusalem timur dalam Perang Enam Hari 1967.

Kekerasan di Jerusalem timur telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik bersenjata lain yang serupa dengan perang 11 hari tahun lalu antara Israel dan Hamas, yang sebagian dipicu kerusuhan serupa di Al-Aqsa.

Kekerasan di Al-Aqsa terbaru membuat hampir 300 orang Palestina terluka dalam bentrokan di lokasi tersebut. Kompleks Al-Aqsa adalah tempat tersuci dalam Yudaisme, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount, dan tersuci ketiga dalam Islam.

Muslim Palestina telah marah dengan meningkatnya kunjungan Yahudi ke kompleks, yang oleh konvensi lama, orang Yahudi dapat mengunjungi tetapi tidak diizinkan untuk berdoa. (France24/OL-1)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

AS-Korsel Serukan Jaga Kawasan Indo-Pasifik Tetap Bebas dan Terbuka

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:46 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bersepakat kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka serta...
AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya