Senin 28 Maret 2022, 09:50 WIB

Dua Polisi Israel Ditembak Di tengah Kunjungan Menlu 3 Negara

Cahya Mulyana | Internasional
Dua Polisi Israel Ditembak Di tengah Kunjungan Menlu 3 Negara

AFP
Petugas kesehatan mengevakuasi dua polisi yang ditembak di Hadera, Israel. Senin (28/3/2022)

 

DUA pria keturunan Arab-Israel menembak dua anggota polisi Israel di Hadera, Israel. Kejadian itu beriringan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan tiga menteri luar negeri jazirah Arab di Israel.

Kelompok Islamic State (IS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Telegramnya. Dua penyerang di Hadera, sebuah kota sekitar 50 km (30 mil) utara Tel Aviv, merupakan warga Arab-Israel dan simpatisan kelompok IS, kata pejabat keamanan Israel.

"Kami mengutuk serangan teroris hari ini di Hadera, Israel," tulis Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Twitter.

“Tindakan kekerasan dan pembunuhan yang tidak masuk akal seperti itu tidak memiliki tempat di masyarakat. Kami berdiri dengan mitra Israel kami dan mengirimkan belasungkawa kami kepada keluarga para korban.”

Serangan itu terjadi lima hari setelah seorang Arab dari Israel selatan menewaskan sedikitnya empat orang Israel dalam aksi penikaman dan tabrak lari di kota Beersheba, sebelum dia ditembak mati oleh seorang pejalan kaki.

Rekaman kamera pengintai yang disiarkan di stasiun televisi Israel menunjukkan dua pria melepaskan tembakan dengan senapan serbu di jalan utama di Hadera, menimbulkan kekhawatiran kelompok teroris di Israel.

Dua anggota polisi perbatasan paramiliter Israel tewas oleh para penyerang, kata polisi. Kedua pria bersenjata itu ditembak mati oleh petugas polisi yang sedang makan di restoran terdekat. "Untungnya, petugas kami berhasil menetralisir para penyerang dan mencegah serangan teroris yang lebih besar," kata Juru Bicara Polisi Nasional Eli Levy.

Di gurun Negev selatan Israel, menteri luar negeri Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko menormalkan hubungan dengan Israel yang dihadiri Blinken.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan semua menteri luar negeri yang hadir mengutuk serangan itu, dan mengirimkan belasungkawa mereka kepada keluarga para korban dan berharap bagi korban yang terluka segera pulih," katanya.

Pejabat keamanan Israel telah memperingatkan tentang eskalasi serangan terhadap warga Israel menjelang bulan suci Ramadhan. Raja Yordania Abdullah akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat untuk mencari solusi perdamaian dengan Israel. (France24/OL-13)

Baca Juga: Putin Dinilai Budanov Gunakan Skenario Korea Memecah Ukraina

Baca Juga

AFP

Sydney Dikepung Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:55 WIB
Sejumlah pusat evakuasi telah dibuka di beberapa titik di wilayah Sydney. Warga pun diminta lebih waspada dan membatalkan rencana...
AFP

Warga Ohio Turun ke Jalan Protes Penembakan Lelaki Kulit Hitam oleh Polisi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Jayland ditemukan tewas di area parkir mobil. Berdasarkan investigasinya tidak ada bukti Walker sempat melepaskan tembakan ke arah...
Bagus SARAGIH / AFP

Rusia Kuasai Lysychansk

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:38 WIB
Pengambilalihan Lysychansk oleh Rusia berarti Moskow telah memenangkan kendali atas seluruh wilayah Luhansk serta lebih dari setengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya