Jumat 25 Maret 2022, 21:20 WIB

Putin: Serangan terhadap Budaya Rusia seperti Nazi Bakar Buku

Mediaindonesia.com | Internasional
Putin: Serangan terhadap Budaya Rusia seperti Nazi Bakar Buku

AFP/Mikhail Klimentyev/Sputnik.
Vladimir Putin.

 

PRESIDEN Vladimir Putin pada Jumat (25/3) mengecam Barat karena mendiskriminasikan budaya Rusia. Ia menyamakan itu seperti pendukung Nazi yang membakar buku pada 1930-an.

"Hari ini mereka mencoba untuk membatalkan negara berusia 1.000 tahun," kata Putin dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan pemenang hadiah terkait budaya Rusia. "Saya berbicara tentang diskriminasi progresif terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan Rusia, tentang tren yang sedang berlangsung di sejumlah negara Barat, dengan kerja sama penuh, dan terkadang dengan dorongan dari elite Barat," tambah Putin.

"Isu 'budaya boikot' telah menjadi pemboikotan budaya," kata Putin. Ia menambahkan bahwa karya-karya komposer Rusia dikeluarkan dari konser dan buku-buku karya penulis Rusia dilarang.

"Terakhir kali kampanye massal untuk menghancurkan literatur yang tidak diinginkan dilakukan oleh Nazi di Jerman hampir 90 tahun yang lalu yakni buku-buku dibakar tepat di alun-alun," kata Putin.

Sejak Putin mengirim pasukan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Barat telah menjatuhkan sanksi terhadap Moskow yang telah membuat Rusia semakin terisolasi, secara politik dan finansial, dan meluas ke bidang-bidang seperti olahraga dan budaya. Berbicara tentang budaya boikot, Putin memilih penulis Inggris J.K. Rowling, yang dikritik menyusul tweet kontroversial tentang komunitas transgender.

Baca juga: Ide AS Usir Rusia Timbulkan Perpecahan Negara G20

"Belum lama ini penulis anak-anak J.K Rowling diboikot karena dia, seorang penulis buku yang telah terjual jutaan eksemplar di seluruh dunia, tidak menyenangkan para penggemar yang menyebut kebebasan gender," kata Putin. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Ishara S KODIKARA

Presiden Sri Lanka Minta Bantuan Putin untuk Impor Bahan Bakar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:55 WIB
Sri Lanka telah membeli minyak dari Rusia untuk mengatasi krisis, dan pemerintah telah mengindikasikan bersedia untuk melakukan pembelian...
AFP/Atta Kenare.

Larangan Naik Kereta Api bagi Wanita Iran tanpa Jilbab

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 21:35 WIB
Sejak revolusi Islam 1979 di negara itu, hukum Iran mewajibkan semua wanita, terlepas dari kebangsaan atau keyakinan agamanya, untuk...
AFP/Carina Johansen/NTB Scanpix.

Ukraina Tuding Rusia Curi Gas Miliknya 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:50 WIB
Pencurian itu dilakukan tak lama setelah Semenanjung Krimea dianeksasi melalui agresi bersenjata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya