Sabtu 19 Maret 2022, 09:50 WIB

Xi Bilang ke Biden Menentang Invasi Rusia

Cahya Mulyana | Internasional
Xi Bilang ke Biden Menentang Invasi Rusia

AFP
Presiden Tiongkok Xi Jinping

 

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping mengatakan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melalaui pertemuan virtual pada Jumat, (18/3) bahwa pihaknya menentang invasi Rusia di Ukraina. Ia pun meminta semua pihak menahan diri supaya konfliknya tidak meluas.

“Krisis Ukraina bukanlah sesuatu yang ingin kami lihat,” kata Xi kepada Biden selama panggilan video yang berlangsung dua jam.

Menurut Xi, dunia harus mengambil pelajaran dari konflik Rusia dengan Ukraina. Kemudian semua negara harus bersama-sama meredamnya, bukan sebaliknya.

Dia mengajak kepada AS untuk menginginkan perdamaian di Ukraina. Sebab krisis di Ukraina berdampak bersar terhadap tatanan ekonomi dunia.

"Peristiwa itu sekali lagi menunjukkan bahwa negara-negara tidak boleh sampai pada titik pertemuan di medan perang. Konflik dan konfrontasi bukanlah kepentingan siapa pun, dan perdamaian dan keamanan adalah hal yang paling dihargai oleh komunitas internasional,” kata Xi.

Namun Washington belum merilis pernyataan tentang percakapan antara kedua pemimpin tersebut. Tetapi sebelumnya Gedung Putih mengaku akan memperingatkan Xi untuk mengabaikan permintaan bantuan dari Rusia.

Sementara itu, Tiongkok ingin mempertahankan persahabatannya dengan Rusia dengan berusaha menghindari sanksi. “Tiongkok tidak akan pernah menerima ancaman dan paksaan AS. Jika AS mengambil tindakan yang merugikan kepentingan Tiongkok akan segera direspon,” kata seorang pejabat Tiongkok.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Biden akan mewanti-wanti Tiongkok supaya tidak mengikuti keinginan Rusia. "Kami tidak akan segan-segan membebankan biaya,” tambahnya. (Straits Times/OL-13)

Baca Juga: Cucu Mandela Salahkan Israel atas Invasi Rusia ke Ukraina

Baca Juga

AFP

Putin Perluas Kerja Sama dengan Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 23:34 WIB
Kerja sama ini berlandaskan prinsip yang komprehensif dan konstruktif seperti yang diterapkan dengan...
Dok. Bea Cukai

Bea Cukai dan Malaysian Customs Resmi Tutup Joint Task Force Operation 2022 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:37 WIB
Selama periode pelaksanaan JTF Operation 2022, Bea Cukai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 77,72 kg methamphetamine dan sekitar...
AFP/Atta Kenare.

Iran akan Sampaikan Proposal Pembicaraan Nuklir Final Senin Malam

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:41 WIB
Menteri Luar Negeri Iran mengatakan Teheran akan menyampaikan proposal final pada Senin (15/8) malam dalam pembicaraan untuk menghidupkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya