Kamis 17 Maret 2022, 16:35 WIB

Indonesia dan Kenya Perkuat Kerja Sama

Cahya Mulyana | Internasional
Indonesia dan Kenya Perkuat Kerja Sama

Antara
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR RI.

 

INDONESIA dan Kenya sepakat untuk memperkuat hubungan bilateral. Selain dengan kehadiran Kedutaan Besar Kenya di Indonesia, sejumlah kerja sama lainnya juga disepakati.

"Ini merupakan momentum penting bagi hubungan bilateral Indonesia dan Kenya, untuk mendekatkan kedua negara kita," ucap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pernyataan bersama dengan Menteri Kabinet Kenya Raychelle Omamo di Jakarta, Kamis (17/3).

Menurut Retno, Indonesia dan Kenya menyepakati dua kerja sama terkait konsultasi diplomatik dan peningkatan kapasitas diplomatik. Hal itu diresmikan melalui sebuah Memorandum of Understanding (MoU).

Baca juga: KLHK Usung Tiga Isu Prioritas Lingkungan dalam Agenda G20

“Sekretaris Kabinet Omamo dan Saya menandatangani dua MoU tentang Konsultasi Diplomatik Bilateral dan Peningkatan Kapasitas Diplomatik,” imbuh Retno.

Dia menjelaskan bahwa Omamo akan meresmikan Kedutaan Besar Republik Kenya di Jakarta. Indonesia dan Kenya juga menyelesaikan MoU di bidang pendidikan antara universitas di Indonesia dan universitas di Kenya. Serta, MoU antara Kantor Berita Indonesia Antara dan Kenya Broadcasting Corporation.

Baca juga: Pemerintah Diminta Antisipasi Dampak Krisis Rusia-Ukraina

Menurut Retno, Kenya merupakan mitra penting bagi Indonesia. Peresmian Kedutaan Kenya di Jakarta dan penandatangan MoU menjadi momentum penting bagi hubungan bilateral, yang mendekatkan kedua negara.

Dalam kesempatan itu, Menteri Omamo mengatakan kunjungannya ke Indonesia bertujuan memperdalam hubungan kedua negara. "Kami akan meletakkan kaki kami di sini, membangun fondasi yang kuat. Kami akan memberikan layanan konsuler kepada penduduk Kenya di Indonesia, membuka jalur kemitraan bisnis dan pendekatan antarmasyarakat," tutur Omamo.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP/Atta Kenare.

Eksekusi Mati Di Iran Melonjak Lebih dari Dua Kali Lipat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:22 WIB
Laporan tahunan Amnesty International tentang hukuman mati mengatakan pada 2021 jumlah eksekusi meningkat 28% menjadi...
ANTARA/BPMI-Muchlis Jr

Pengusaha UEA Optimistis Kerja Sama RI Usai Bertemu Jokowi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 19:12 WIB
Menurut Erick, dalam dialog tersebut terdapat empat poin penting yang menjadi topik diskusi antara Presiden Jokowi dan investor-pengusaha...
ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev

Kedubes Rusia: Putin Sebut Dialog dengan Jokowi Sangat Informatif

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 18:48 WIB
Dalam kesempatan tersebut, Putin menegaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra kunci Rusia di kawasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya