Rabu 23 Februari 2022, 17:45 WIB

Kemlu: WNI yang Tinggal di Ukraina dalam Kondisi Baik

Nur Aivanni | Internasional
Kemlu: WNI yang Tinggal di Ukraina dalam Kondisi Baik

AFP
Sejumlah warga Ukraina berkabung atas insiden bom di wilayah Kharkiv.

 

PADA umumnya, kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ukraina dalam kondisi baik. Hal itu diungkapkan Kementerian Luar Negeri terkait kondisi WNI, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui dua wilayah separatis di Ukraina bagian timur.

KBRI terus berkomunikasi dengan WNI di Ukraina. Termasuk, menawarkan bantuan untuk pindah ke wilayah yang jauh dari perbatasan wilayah yang berkonflik.

"Ada 1 WNI yang tinggal di Kota Severodonetsk, Luhansk," jelas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Media Indonesia, Rabu (23/2).

Baca juga: Putin Kerahkan Pasukan Militer Rusia ke Ukraina Timur

Disinggung rencana evakuasi WNI di Ukraina, Faizasyah menyatakan pemerintah terus berkoordinasi dengan KBRI di Ukraina, Rusia dan Polandia. Dalam hal ini, memastikan jika pada akhirnya diputuskan evakuasi, semua pihak siap untuk bergerak.

Saat ini, terdapat 138 WNI yang tinggal di Ukraina, termasuk 33 orang yang bertugas di KBRI. Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menghadiri pertemuan di Paris, mengungkapkan bahwa agenda tersebut juga diwarnai situasi keprihatinan atas memburuknya konflik antara Ukraina dan Rusia.

Baca juga: Australia Jatuhkan Sanksi terhadap Pejabat Tinggi Rusia

"Sebagai negara yang cinta damai dan sesuai dengan mandat konstitusi, Indonesia mengharapkan upaya diplomasi dan negosiasi. Untuk menghindari situasi lebih buruk," tutur Retno dalam pernyataan resmi.

Menurutnya, hukum internasional termasuk penghormatan terhadap integritas wilayah harus dihormati. "Indonesia meminta semua pihak untuk menahan diri. Sekali lagi untuk mencegah memburuknya situasi yang membahayakan keselamatan rakyat," pungkasnya.

Indonesia dikatakannya menyerukan pentingnya persatuan dan kerja sama. Sehingga, dunia dapat menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.(OL-11)

 

Baca Juga

AFP

Sydney Dikepung Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:55 WIB
Sejumlah pusat evakuasi telah dibuka di beberapa titik di wilayah Sydney. Warga pun diminta lebih waspada dan membatalkan rencana...
AFP

Warga Ohio Turun ke Jalan Protes Penembakan Lelaki Kulit Hitam oleh Polisi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Jayland ditemukan tewas di area parkir mobil. Berdasarkan investigasinya tidak ada bukti Walker sempat melepaskan tembakan ke arah...
Bagus SARAGIH / AFP

Rusia Kuasai Lysychansk

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:38 WIB
Pengambilalihan Lysychansk oleh Rusia berarti Moskow telah memenangkan kendali atas seluruh wilayah Luhansk serta lebih dari setengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya