Rabu 16 Februari 2022, 17:13 WIB

18 Tewas akibat Banjir dan Tanah Longsor di Brasil

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
18 Tewas akibat Banjir dan Tanah Longsor di Brasil

AFP
Kondisi jalan yang terendam banjir di Rio de Janeiro.

 

TANAH longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan lebat menewaskan sedikitnya 18 orang di sebuah kota wisata di perbukitan di atas Rio de Janeiro pada Selasa (15/2).

"Sejauh ini, 18 kematian yang disebabkan oleh tanah longsor dan banjir telah dikonfirmasi dalam beberapa jam terakhir,” kata Departemen Pemadam Kebakaran Rio de Janeiro dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: KBRI: Kondisi WNI di Ukraina Aman

Lebih dari 180 petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat lainnya berada di lokasi di kota perbukitan Petropolis yang indah di mana kaisar terakhir Brasil Pedro II dimakamkan, 68 kilometer (42 mil) utara kota Rio.

Balai kota menyatakan keadaan bencana ketika gambar-gambar tersebar di media sosial tentang rumah-rumah yang hancur dan mobil-mobil yang tersapu oleh banjir.

Banyak toko benar-benar terendam oleh air yang naik yang menyembur ke jalan-jalan pusat kota bersejarah.

Beberapa bagian Petropolis menerima hingga 260 milimeter (10 inci) air dalam waktu kurang dari enam jam, lebih dari yang diperkirakan untuk seluruh bulan Februari, menurut badan meteorologi MetSul.

Hujan paling deras telah berlalu tetapi curah hujan yang lebih moderat diperkirakan akan berlanjut selama beberapa jam, kata pihak berwenang.

Presiden Jair Bolsonaro, dalam perjalanan resmi ke Rusia, mengatakan di Twitter bahwa dia terus mengikuti tragedi tersebut dan meminta para menterinya untuk memberikan bantuan segera kepada para korban.

Awal bulan ini, banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat menewaskan sedikitnya 28 orang di tenggara negara itu, sebagian besar di negara bagian Sao Paulo dan wilayah utara Rio.

Pada Januari 2011, lebih dari 900 orang tewas di wilayah pegunungan Rio akibat hujan lebat yang menyebabkan banjir dan tanah longsor di wilayah yang luas termasuk Petropolis dan kota tetangga Nova Friburgo dan Teresopolis. (Aiw/France24/OL-6)

Baca Juga

AFP/Layanan Pers Kementerian Darurat Ukraina.

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 Orang di Odesa Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:00 WIB
Gubernur wilayah Odesa Maksym Marchenko menyebutkan total korban tewas 18 dan 31 dirawat di rumah sakit dalam unggahan di...
Dok. Pribadi

Konferensi Ulama Muslim di Malaysia Usulkan Pembentukan Majelis Ulama Asia Tenggara

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:52 WIB
"Kami senang bahwa konferensi ini menjadi awal yang baik bagi sebuah majelis permanen yang para ulamanya akan bertemu dari waktu ke...
AFP/Anwar Amro.

Qatar Bantu Militer Libanon yang Butuh Dana US$60 Juta

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:30 WIB
Krisis ekonomi menggerogoti nilai gaji tentara dan memangkas anggaran militer untuk pemeliharaan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya