Sabtu 12 Februari 2022, 09:30 WIB

AS akan Kirim 3.000 Tentara Lagi ke Polandia

Nur Aivanni | Internasional
AS akan Kirim 3.000 Tentara Lagi ke Polandia

AFP/ANDREI PUNGOVSCHI
Militer AS

 

AMERIKA Serikat akan mengirim 3.000 tentara lagi ke Polandia untuk meyakinkan sekutu NATO di tengah meningkatnya kekhawatiran akan invasi Rusia ke Ukraina.

3.000 tentara ini dari Divisi Lintas Udara ke-82, pasukan reaksi cepat utama militer AS, telah disiagakan pada akhir Januari atas permintaan Presiden AS Joe Biden. Biden ingin menunjukkan dukungan untuk sekutu AS di Eropa Timur dalam menghadapi kemungkinan agresi oleh Rusia.

Menurut seorang pejabat senior pertahanan, mereka sekarang akan meninggalkan pangkalan dan diperkirakan tiba di Polandia awal pekan depan.

Pasukan tersebut akan bergabung dengan sekitar 2.000 tentara lintas udara yang penyebarannya diumumkan pada 2 Februari. Sebanyak 1.700 tentara berada di Polandia dan sisanya di Jerman, di mana pasukan AS di Eropa bermarkas.

"Secara keseluruhan, 5.000 personel tambahan ini terdiri dari kekuatan yang sangat mobile dan fleksibel, yang mampu melakukan banyak misi," kata pejabat AS tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim.

"Mereka dikerahkan untuk meyakinkan sekutu NATO kami, mencegah potensi agresi terhadap sayap timur NATO, berlatih dengan pasukan negara tuan rumah, dan berkontribusi pada berbagai kemungkinan," tambah pejabat itu.

Baca juga:  AS dan Tiongkok Bersitegang Terkait Ukraina di PBB

Mereka adalah tambahan dari sekitar 80.000 tentara AS yang ditempatkan di Eropa, baik secara permanen maupun secara bergilir.

Dalam eskalasi dramatis dari peringatan ancamannya, pada Jumat, Gedung Putih mengatakan Rusia dapat menyerang Ukraina dalam hitungan hari, bahkan sebelum berakhirnya Olimpiade Beijing pada 20 Februari. (AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...
AFP/Gavriil GRIGOROV

Putin Akui Kemerdekaan Dua Wilayah Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:20 WIB
Moskow mengatakan akan menganeskasi empat wilayah Ukraina dalam sebuah upacara besar-besaran di Kremlin pada hari ini, Jumat...
katolikku.com

Uskup Timor Leste Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Dituding Lecehkan Anak-Anak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 06:30 WIB
Belo, yang berbagi Nobel Perdamaian 1996 dengan Jose Ramos Horta, pertama kali diselidiki oleh Vatikan pada 2019 atas tuduhan melecehkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya