Rabu 26 Januari 2022, 14:26 WIB

Terlibat Skandal Panama Papers, 32 Warga Panama akan Diadili

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Terlibat Skandal Panama Papers, 32 Warga Panama akan Diadili

STR / Telemetro Panama / AFP
Ramon Fonseca Mora, salah satu pendiri Mossack Fonseca, adalah salah satu warga Panama yang diadili terkait kasus Panama Papers.

 

SEBANYAK 32 warga Panama akan diadili atas dugaan keterlibatan dalam korupsi yang diungkapkan oleh Panama Papers pada 2016.

“Ke-32 terdakwa akan diadili karena dugaan melakukan kejahatan terhadap tatanan ekonomi, dalam bentuk pencucian uang, dalam kasus yang dikenal sebagai Panama Papers," menurut sebuah pernyataan Departemen Kehakiman Panama pada Selasa (25/1).

Sidang akan berlangsung dari 15 November hingga 18 November 2021.

Kebocoran 11,5 juta dokumen dari firma hukum Panama Mossack Fonseca pada April 2016 menyebabkan gempa politik di seluruh dunia. Ini menyebutkan bintang, miliarder dan bank yang terlibat dalam penghindaran pajak dan pencucian uang.

Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson mengundurkan diri dan dampaknya juga menimpa mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif.

Whistleblowing International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), yang mengungkapkan klaim tersebut, mengatakan setidaknya 150 penyelidikan diluncurkan di lebih dari 70 negara karena pengungkapan tersebut.

Pernyataan Departemen Kehakiman Panama tidak mencantumkan nama, tetapi sumber yang dekat dengan kasus tersebut mengatakan bahwa di antara para terdakwa adalah Juergen Mossack dan Ramon Fonseca Mora, pendiri Mossack Fonseca. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

dok.mi

Presiden AAYG Dukung Pemerintah RI Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:45 WIB
Presiden Asian African Youth Government (AAYG), Respiratori Saddam Al Jihad mendukung pemerintah RI untuk terlibat aktif mewujudkan...
dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya