Kamis 20 Januari 2022, 21:57 WIB

Vatikan Ungkapkan Malu dan Penyesalan atas Kasus Pelecehan Anak

Mediaindonesia.com | Internasional
Vatikan Ungkapkan Malu dan Penyesalan atas Kasus Pelecehan Anak

AFP/Andreas Solaro.
Gereja Vatikan.

 

VATIKAN pada Kamis (20/1) menegaskan kembali pernyataan rasa malu dan penyesalan terkait pelecehan seksual anak oleh pendeta Katolik. Ini disampaikan setelah terdapat laporan baru yang menuduh mantan Paus Benediktus XVI tidak bertindak dalam empat kasus tersebut di Jerman.

Benediktus XVI, yang pada 2013 menjadi paus pertama yang mengundurkan diri sejak Abad Pertengahan, gagal menghentikan empat pendeta yang dituduh melakukan pelecehan seks anak di Gereja Katolik di Munich, menurut firma hukum yang melakukan penyelidikan.

Mantan Paus asal Jerman itu membantah tuduhan tersebut.

"Dalam mengulangi lagi pernyataan rasa malu dan penyesalan atas pelecehan anak di bawah umur yang dilakukan oleh para pendeta, Takhta Suci meyakinkan semua korban tentang kedekatannya dan menegaskan jalan yang telah diambil untuk melindungi yang termuda, menjamin mereka lingkungan yang aman," kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni.

Dari laporan independen tersebut, dia berkata, "Tahta Suci percaya bahwa mereka harus memperhatikan dokumen tersebut yang isinya saat ini tidak diketahui." Ini akan terjadi dalam hari-hari mendatang.

Baca juga: Mantan Paus Benediktus Dituduh Abaikan Kasus Pelecehan Seksual Anak

Benediktus, sekarang berusia 94 tahun, ialah uskup agung Munich dan Freising dari 1977 hingga 1982. "Dia dengan tegas menyangkal tanggung jawab apa pun," kata pengacara Martin Pusch dari Westpfahl Spilker Wastl yang ditugaskan oleh gereja untuk melakukan penyelidikan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Sri Lanka, Alami Gagal Bayar Pertama di Negara Berkembang

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
SAAT pandemi, pasar obligasi banyak diwarnai kasus gagal bayar korporasi yang tumbang akibat kekurangan likuiditas untuk memenuhi...
Alexander Shatov/ Unsplash

Twitter Beri Label Peringatan di Konten Menyesatkan Terkait Konflik Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:22 WIB
Label peringatan itu akan mengingatkan pengguna bahwa cuitan yang bersangkutan telah melanggar aturan...
dok.Ant

Soal UAS, Indonesia Hormati Kedaulatan Singapura

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:16 WIB
SEMUA negara memiliki kedaulatan dan kebijakan imigrasi masing-masing. Maka Indonesia menghormati keputusan Singapura atas penolakan masuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya