Rabu 19 Januari 2022, 07:25 WIB

Brasil Catat Rekor Baru Kasus Harian Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Brasil Catat Rekor Baru Kasus Harian Covid-19

AFP
Warga berjalan di depan mural yang menggambarkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menolak penanganan Covid-19 yang dilakukan Ilmuwan negaranya

 

BRASIL mencatat rekor baru kasus harian covid-19 lebih dari 137.000, menurut angka yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan pada Selasa (18/1).

Negara Amerika Selatan berpenduduk 213 juta orang itu adalah salah satu yang paling parah terkena dampak pandemi di dunia. Lebih dari 620.000 kematian akibat virus tersebut menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat.

Kasus covid-19 telah melonjak di Brasil sejak awal tahun karena adanya varian omikron yang sangat menular dan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Rata-rata kasus harian pada akhir tahun 2021 hanya sekitar 8.000. Sementara, angka tinggi sebelumnya dari Juni 2021 adalah lebih dari 115.000 kasus dalam periode 24 jam.

"Puncaknya akan tercapai pada Februari ketika situasi akan kembali stabil," kata ahli epidemiologi Ethel Maciel dari Universitas Federal Espirito Santo kepada AFP.

Ada kekhawatiran bahwa peningkatan kasus dapat berdampak pada perayaan karnaval pada akhir Februari.

Perayaan karnaval jalanan di kota-kota besar Sao Paulo, Rio de Janeiro dan Salvador telah dibatalkan karena kekhawatiran tersebut.

Hampir 70% orang Brasil sudah divaksinasi lengkap dan imunisasi anak-anak berusia lima tahun dimulai minggu ini, meskipun ada keberatan dari Presiden Jair Bolsonaro. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Terkait Omikron, Dua Mantan Awak Kabin Cathay Pacific Ditahan

Baca Juga

AFP/Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman.

Dokter Saudi Pisahkan Bayi Kembar Siam Laki-Laki dari Yaman

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 17:53 WIB
Lebih dari 150.000 orang telah tewas dalam kekerasan dan sistem kesehatan negara itu telah hancur. PBB menggambarkan kondisi itu sebagai...
AFP/Mohammed Huwais.

Pertama sejak 2016, Penerbangan Komersial Lepas Landas dari Yaman

👤Nur Aivanni 🕔Senin 16 Mei 2022, 17:37 WIB
Yaman, negara termiskin di dunia Arab, dilanda perang sejak koalisi turun tangan untuk mendukung pemerintah pada 2015, setahun setelah...
AFP/Sergei Supinsky.

Kebingungan Pendeta Gereja Ortodoks Tanggapi Invasi Rusia ke Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 16:10 WIB
Saat gelombang pasukan Rusia menyeberang ke Ukraina, Kirill berbicara menentang kekuatan jahat yang menentang kesatuan bersejarah antara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya