Minggu 12 Desember 2021, 13:49 WIB

Amerika Serikat Dilanda Tornado, Lebih dari 80 Orang Tewas

Nur Aivanni | Internasional
Amerika Serikat Dilanda Tornado, Lebih dari 80 Orang Tewas

AFP/John Amis.
Pekerja darurat mencari melalui yang tersisa dari pabrik lilin setelah dihancurkan oleh tornado di Mayfield, Kentucky, 11 Desember 2021.

 

TORNADO dahsyat menerjang enam negara bagian AS. Terjangan puluhan tornado tersebut menewaskan lebih dari 80 orang dan puluhan lain hilang pada Sabtu (12/12).

"Ini tragedi," kata Presiden AS Joe Biden yang terguncang dalam pernyataan yang disiarkan televisi. "Kami masih belum tahu jumlah nyawa yang hilang dan seluruh kerusakannya," ucapnya.

Saat malam yang dingin turun pada Sabtu, sejumlah petugas pencarian dan penyelamatan membantu warga di seluruh jantung AS menyaring puing-puing rumah dan bisnis mereka. Mereka mencari korban selamat.

Lebih dari 70 orang diyakini telah tewas di Kentucky saja. Banyak korban ialah pekerja di pabrik lilin. Sedikitnya enam tewas di gudang Amazon di Illinois saat mereka bekerja sif malam untuk memproses pesanan menjelang Natal.

"Peristiwa ini merupakan tornado terburuk, paling dahsyat, paling mematikan dalam sejarah Kentucky," kata Gubernur Negara Bagian Andy Beshear. "Kehancurannya tidak seperti apa pun yang saya lihat dalam hidup saya dan saya sulit untuk mengungkapkannya dengan kata-kata," katanya kepada wartawan. Beshear telah mengumumkan keadaan darurat di negara bagian tersebut.

Beshear mengatakan ada sekitar 110 orang yang bekerja di pabrik lilin itu ketika badai menerjang sehingga atap runtuh. Empat puluh orang telah diselamatkan, katanya, tetapi akan menjadi keajaiban jika ada orang lain yang ditemukan dalam keadaan hidup.

David Norseworthy, 69, di Mayfield, mengatakan badai itu menghancurkan atap dan teras depan rumahnya. Keluarganya berada di tempat penampungan. "Kami tidak pernah mengalami hal seperti itu di sini," katanya kepada AFP.

Di tempat parkir di pusat kota Mayfield, para sukarelawan mengumpulkan pakaian hangat, popok, dan air untuk warga. Dikatakan Beshear, tornado yang menerjang Mayfield telah bergemuruh di sepanjang tanah sejauh lebih dari 200 mil (320 kilometer) di Kentucky dan sejauh 227 mil secara keseluruhan.

Sebelumnya, tornado AS terpanjang yang pernah dilacak di sepanjang tanah adalah badai 219 mil di Missouri pada 1925. Itu merenggut 695 nyawa.

Laporan menyebutkan jumlah total tornado di seluruh wilayah sekitar 30. Sedikitnya 13 orang tewas di negara bagian lain yang dilanda badai, termasuk di gudang Amazon di Illinois, sehingga total korban menjadi 83 orang.

Di Arkansas, setidaknya satu orang tewas ketika tornado menghancurkan panti jompo di Monette, menurut seorang pejabat daerah. Orang lain meninggal di tempat lain di negara bagian itu. Empat orang tewas di Tennessee dan satu meninggal di Missouri. Tornado juga mendarat di Mississippi.

Biden menjanjikan bantuan penuh dari pemerintah federal dan mengatakan dia berencana melakukan perjalanan ke daerah yang terkena dampak. Lebih dari setengah juta rumah di beberapa negara bagian dibiarkan tanpa listrik, menurut PowerOutage.com.

Salah satu tornado menghantam gudang Amazon di kota Edwardsville, Illinois selatan, dengan sekitar 100 pekerja diyakini terperangkap di dalamnya. "Kami mengidentifikasi 45 personel yang berhasil keluar dari gedung dengan selamat. Satu yang harus diterbangkan ke rumah sakit regional untuk dirawat dan enam korban jiwa," kata kepala pemadam kebakaran Edwardsville James Whiteford kepada wartawan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok. Biro Setpres

Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina Membuahkan Hasil

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:14 WIB
Setelah melalui diskusi yang cukup panjang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jokowi mendapat kepastian bahwa pasokan produk pangan dan...
AFP/Adam Berry.

Wapres Parlemen Eropa: Sebut Israel Apartheid itu Antisemitisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Selama 18 bulan terakhir, Human Rights Watch dan Amnesty International menerbitkan laporan yang menuduh Israel melakukan...
AFP

Paus Sebut Rusia Lakukan Agresi dan Imperialisme di Ukraina

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:35 WIB
Semua pihak perlu 'mengakui bahwa penaklukan bersenjata, ekspansionisme, dan imperialisme tidak ada hubungannya dengan kerajaan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya