Rabu 08 Desember 2021, 22:13 WIB

Presiden Singapura Apresiasi Peran SIF Jalin Kerja Sama Global

mediaindonesia.com | Internasional
Presiden Singapura Apresiasi Peran SIF Jalin Kerja Sama Global

Ist
Presiden Singapura Halimah Yacob menghadiri peringatan hari ulang tahun ke-30 Singapore International Foundation (SIF).

 

SINGAPORE International Foundation (SIF) merayakan ulang tahunnya  yang ke-30 dengan mengadakan acara penganugerahan untuk 33 Citizen Ambassadors (Duta Komunitas) dan Friends of Singapore (Sahabat Singapura) yang terdiri dari orang-orang yang menjadi contoh sebagai masyarakat global yang bertanggung jawab.

Acara tersebut dihadiri Patron (Pelindung) SIF yang juga Presiden Singapura Halimah Yacob selaku tamu kehormatan. Ia juga turut menyerahkan penghargaan kepada para penerima penghargaan.

Pada acara tersebut, Presiden Singapura mengapresiasi SIF atas peran pentingnya dalam mendorong kerja sama internasional dan menjalin ikatan antar-masyarakat.

Haliman mengatakan,“Upaya yang dilakukan SIF, bersama dengan mitra dan sukarelawannya, telah membantu memajukan tujuan Singapura menjadi negara dengan masyarakat global yang bertanggung jawab.”

“Banyak dari kita yang sangat percaya pada kekuatan bekerja sama untuk memecahkan tantangan global. Begitupun dengan SIF," kata Presiden Singapura.

"Terlepas dari berbagai tantangan yang tengah dihadapi dunia saat ini, SIF terus berinovasi dengan waktu dan tetap setia pada misinya, yaitu menyatukan warga Singapura dan komunitas dunia untuk berbuat baik,” tambah Halimah dalam keterangan pers, Rabu (8/12).

SIF memaknai 30 tahun dengan menjalin pertemanan untuk dunia yang lebih baik sejak didirikan pada tahun 1991.

Program yang beragam menghubungkan warga Singapura dan komunitas dunia, untuk membangun persahabatan yang langgeng guna memperkaya kehidupan dan menghasilkan perubahan positif.

Didukung oleh lebih dari 5.500 sukarelawan dari Singapura, dan dalam kemitraan dengan lebih dari 700 institusi global, program dan inisiatif SIF telah memberikan perubahan positif bagi banyak kehidupan di 28 negara.

Lebih dari 45.000 Friends of Singapore telah terhubung dan berkolaborasi dengan warga Singapura melalui inisiatif dan program yang dilakukan oleh SIF.

 Pertukaran lintas budaya ini telah memperkuat rasa saling pengertian dan menginspirasi tindakan untuk kebaikan.

Membangun Ikatan yang mengikat selama new normal tidak terpengaruh oleh adanya pembatasan perjalanan, SIF telah memanfaatkan kekuatan teknologi digital untuk melanjutkan pekerjaannya dalam kerjasama dan pengembangan internasional.

Inisiatif 2 utama termasuk Young Social Entrepreneurs, SIF eConnects! Indonesia, dan program sukarelawan spesialis di bidang kesehatan dan pendidikan yang telah dilakukan secara online.

Bersamaan dengan itu, SIF juga mengadakan program virtual baru seperti Arts for Good Projects, Climate Hack, Gift a Song, dan Impact Media Fellowship.

Inisiatif digital yang dilakukan oleh SIF yaitu Our Better World (OBW) memperkuat konektivitas dan jaringan digital, untuk menceritakan kisah kemanusiaan untuk menginspirasi harapan dan tindakan.

OBW juga mengadakan acara komunitas virtual pertamanya yang berfokus pada kepedulian terhadap pendamping para penderita penyakit kesehatan mental.

Bertepatan dengan peringatan 30 tahun, SIF menyelenggarakan konferensi Public Diplomacy in Asia di Singapura pada 26–30 Juli 2021 yang menarik 2.000 pendaftar global.

Jean Tan, Direktur Eksekutif SIF, mengatakan,“Di SIF, kami tetap berkomitmen pada misi inti kami untuk menghubungkan komunitas, menciptakan kolaborasi, dan mempengaruhi perubahan."

"Pandemi telah menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam mengatasi hal ini dan tantangan global lainnya yang sedang berlangsung," kata Jean Tan.

"Sebagai Warga Global, banyak warga Singapura dan teman-teman kami dari komunitas luar negeri menyadari tanggung jawab ini," jelasnya.

"Melalui upaya kolektif, SIF telah memberikan perubahan yang positif bagi banyak kehidupan di 28 negara, dan kami berharap dapat menciptakan peluang yang lebih berarti bagi orang-orang untuk bekerja sama guna mendorong perubahan yang berkelanjutan,” papar Jean Tan. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP/Ina Fassbender.

Israel Beli Tiga Kapal Selam Jerman usai Didera Isu Korupsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:55 WIB
Kesepakatan baru termasuk pembelian tiga kapal selam Dakar. Yang pertama akan dikirim ke angkatan laut Israel dalam waktu sembilan...
AFP

Biden Peringatkan akan Bencana bagi Rusia jika Menginvasi Ukraina

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 20 Januari 2022, 15:04 WIB
Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia yakin Putin akan menguji para pemimpin...
AFP/Ahmad Gharabli.

Prancis, Jerman, Italia, Spanyol Desak Israel Setop Pemukiman Ilegal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:40 WIB
Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia mengutuk keras tindakan Israel yang mengusir paksa keluarga Salhiya dari rumah dan tanahnya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya