Rabu 01 Desember 2021, 07:07 WIB

Yordania, Liga Arab Kutuk Presiden Israel Serbu Masjid Ibrahimi

Mediaindonesia.com | Internasional
Yordania, Liga Arab Kutuk Presiden Israel Serbu Masjid Ibrahimi

AFP/Hazem Bader.
Kelompok sayap kiri Israel memprotes rencana kunjungan presiden Israel ke Makam Para Leluhur atau umat Islam mengenalnya Masjid Ibrahimi.

 

YORDANIA pada Selasa (30/11) mengutuk penyerbuan Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi di Hebron di Tepi Barat yang diduduki.

Dikutip dari Jordan Times, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Haitham Abu Al Foul menegaskan bahwa langkah yang dikutuk dan ditolak ini merupakan pelanggaran hukum internasional, dukungan untuk ekstremisme, provokasi yang tidak dapat dibenarkan, dan pengabaian perasaan umat Islam, Kantor Berita Jordan, Petra, melaporkan.

Dia menambahkan bahwa UNESCO pada 2017 menyebut Masjid Ibrahimi sebagai situs warisan Palestina dan menyerukan diakhirinya segera praktik provokatif semacam itu.

Liga Arab mengecam Presiden Israel Isaac Herzog karena menyerbu dan mencemari Masjid Ibrahimi di kota al-Khalil (Hebron) Tepi Barat yang diduduki selatan. Dalam suatu pernyataan pada Minggu (28/11), Liga Arab mengatakan penyerangan masjid itu sejalan dengan kebijakan terus menerus dan gigih dari Yudaisasi situs suci Islam dan Kristen oleh Israel, kantor berita resmi Palestina Wafa melaporkan.

Organisasi regional tersebut menekankan bahwa tindakan tersebut tidak menghormati dan memprovokasi perasaan seluruh umat Islam. Situs suci itu dipecah menjadi sinagog, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Gua Para Leluhur, dan masjid. Ini setelah pemukim Israel kelahiran Amerika, Baruch Goldstein, membantai 29 warga Palestina di masjid pada 1994. Sejak itu, jemaah Muslim dilarang memiliki akses ke masjid tersebut selama hari libur Yahudi.

Pada Minggu malam, selama festival Yahudi Hanukkah, presiden rezim Zionis Isaac Herzog, di tengah tindakan militer yang ketat, mengambil bagian dalam upacara penyalaan lilin di masjid selama kunjungannya yang direncanakan ke tempat suci. Pasukan Israel menutup gerbang masjid dan mencegah warga Palestina, yang berkumpul untuk mengecam kunjungan itu, untuk berdoa atau berada di sekitar lokasi.

Pasukan Israel juga menyerang pengunjuk rasa dalam upaya untuk membubarkan kerumunan orang Palestina yang marah. Pasukan Israel bahkan memaksa pemilik toko untuk menutup toko dan menghalangi pekerjaan awak pers Palestina dalam upaya mencegah mereka meliput penyusupan tersebut.

Kota Hebron terkena, terutama Masjid Ibrahimi, dan rencana penyerangan oleh presiden Israel menegaskan kegigihan otoritas pendudukan untuk melanjutkan agresi dan rasisme mereka, Liga Arab menambahkan sebagaimana dikutip Tasnim News. Organisasi pan-Arab itu juga menekankan bahwa kunjungan itu membuktikan kelanjutan dari terorisme resmi dan terorganisir Israel terhadap rakyat Palestina, hak-hak mereka, dan kesucian mereka.

Organisasi tersebut menambahkan bahwa serangan baru ke dalam masjid Ibrahimi sejalan dengan kebijakan entitas pendudukan Yahudisasi al-Quds dengan menargetkan Masjid al-Aqsa dan sisa wilayah Palestina yang diduduki.

Baca juga: Hamas Peringatkan Dampak Presiden Israel Nyalakan Lilin di Masjid Ibrahimi

Liga Arab lebih lanjut meminta masyarakat internasional, khususnya Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk mengutuk penargetan Israel terhadap kesucian Islam dan Kristen, termasuk intrusi ini, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghadapi tindakan agresi semacam itu. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Satellite image ©2020 Maxar Technologies.

AS dan Belanda Waswas Supertanker Tua Bawa Sejuta Barel Minyak

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:16 WIB
Bulan lalu, PBB meluncurkan rencana menurunkan minyak dari supertanker ke kapal sementara selama empat...
MANDEL NGAN / AFP

Biden Tuduh Putin Berangus Budaya Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
Biden juga menduh Putin menjegal Finlandia dan negara-negara Eropa yang netral masuk NATO. Pada saat yang bersamaan Rusia menyerang Kota...
MI/ M IRFAN

Duta Besar RI di Swiss Berupaya Maksimal Bantu Pencarian Eril

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:10 WIB
KBRI berkoordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya kepolisian, rumah sakit, unit gawat darurat, serta hotel untuk mengetahui keberadaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya