Minggu 31 Oktober 2021, 16:24 WIB

Konferensi Internasional Bahas Dukungan Tiongkok untuk Kemerdekaan Palestina

mediaindonesia.com | Internasional
Konferensi Internasional Bahas Dukungan Tiongkok untuk Kemerdekaan Palestina

AFP/Gabriel Bouys
Ilustrasi: Bendera Palestina dikibarkan pengunjukrasa di Madrid, Spanyol dalam peringatan 73 tahun Naqba (malapetaka) pada 15 Mei 2021.

 

ISTANBUL, Turki menjadi tuan rumah konferensi internasional pertama yang membahas hubungan Tiongkok dengan Palestina, Sabtu (30/10/2021).

Konferensi ini dihadiri ahli dan akademisi dari seluruh dunia.

Selain hubungan Tiongkok dan Palestina, konferensi juga mendiskusikan peran dan dampak Tiongkok terhadap konflik Palestina-Israel.

Konferensi satu hari ini diselenggarakan oleh Forum Timur Tengah Asia.

"Konferensi ini akan mengangkat hubungan sejarah Tiongkok-Palestina dan berdiri di atas ikatan politik dan budaya yang paling penting," ujar penyelenggara dari Forum Timur Tengah Asia, dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (31/10/2021).

Setidaknya 16 pembicara, termasuk dari Tiongkok, dijadwalkan hadir. Mereka juga membahas dukungan Tiongkok dalam kemerdekaan Palestina.

"(Dukungan) Melawan pendudukan (Israel) (di Palestina) dan dampak konflik AS-Tiongkok terhadap perjuangan Palestina," kata penyelenggara.

Topik lainnya juga dibahas. Seperti visi dan strategi Tiongkok dan sifat peran kebangkitan dan pembangunannya di tingkat Asia Barat.

"Perdebatan juga akan mengantisipasi peran Tiongkok dalam upaya mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk masalah Palestina," jelas penyelenggara.

Baca Juga: Rakyat Beita Palestina Lawan Pemukiman Ilegal Israel

"Konferensi itu juga akan membahas visi Palestina tentang peran Tiongkok di Timur Tengah," imbuhnya.  

Tiongkok sendiri diketahui mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Mereka berjanji akan terus mengawal prosesnya. Dukungan ini dinyatakan berkali-kali, terutama saat konflik kedua negara memanas, dan Amerika Serikat (AS) 'pasang badan' membela Israel.

"Kami akan terus mendukung dengan tegas rakyat Palestina dalam upaya mereka yang adil guna memulihkan hak-hak mereka yang sah dan mendirikan negara merdeka. China akan terus memainkan peran yang positif dan konstruktif hingga saat ini," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Tiongkok, Wang Wenbin saat menyikapi normalisasi diplomatik Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, Senin (14/9/2020).

Duta Besar Tiongkok Zhang Jun di Dewan Keamanan PBB, pada Rabu (22/7/2020), juga mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping, menyebut bahwa negaranya, "teman tulus rakyat Palestina." Ini disampaikan menyikapi kekhawatiran Tiongkok atas pencaplokan wilayah Palestina yang terus dilakukan Israel. (OL-13)

Baca Juga: Bertemu Biden, Bennett Tolak Nuklir Iran dan Negara Palestina

Baca Juga

AFP/Maya Alleruzzo and Bandar Al-Jaloud.

Usai Ditelepon, Netanyahu Izinkan Putra Mahkota Saudi Pergunakan Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:02 WIB
Mereka merujuk pada kasus Jamal Khashoggi. Jurnalis itu dilacak dengan spyware menjelang pembunuhannya pada...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Berakhirnya Panjajahan Israel dan Berdirinya Palestina tidak Tergantung Bennett

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:26 WIB
Al-Sheikh menanggapi pernyataan Bennett bahwa dia tidak akan berdamai dengan Otoritas Palestina atau bernegosiasi dengannya atau mendukung...
AFP/Julien De Rosa.

Aktivis Palestina yang Dibebaskan Sebut Mesir sebagai Penjara Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:33 WIB
Pada awalnya rekan-rekan tahanannya sebagian besar ialah aktivis masyarakat sipil atau pendukung kelompok Islamis termasuk Ikhwanul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya