Rabu 15 September 2021, 07:29 WIB

Hujan Deras akibat Badai Nicholas Landa Texas dan Louisiana

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Hujan Deras akibat Badai Nicholas Landa Texas dan Louisiana

AFP/Brandon Bell/Getty Images
Banjir melanda Galveston, Texas, AS akibat Badai Nicholas.

 

HUJAN deras mengguyur Texas dan Louisiana, Selasa (14/9), saat Badai Nicholas melemah menjadi badai tropis, membawa ancaman banjir yang meluas dan pemadaman listrik.

Ini adalah badai besar kedua yang mengancam kawasan itu dalam beberapa pekan terakhir setelah Badai Ida menewaskan puluhan orang, Agustus lalu, dan menghancurkan perkampungan di Louisiana dekat New Orleans.

“Nicholas akan melemah lebih lanjut dan menjadi depresi pada Rabu (15/9),” kata National Hurricane Center (NHC).

Baca juga: Perubahan Iklim Berpotensi Picu Migrasi Internal 216 juta Orang

Namun, badan tersebut memperingatkan kondisi tersebut masih bisa menyebabkan banjir bandang yang mengancam jiwa di Deep South dalam beberapa hari ke depan.

“Nicholas berada sekitar 15 km tenggara Houston pada pukul 10.00 waktu setempat, menuju timur laut dengan angin berkelanjutan maksimum 75 km per jam,” kata NHC dalam sebuah buletin.

Badai itu diperkirakan membasahi Pantai Teluk Amerika Serikat (AS) dengan hujan deras saat bergerak perlahan ke timur laut sepanjang hari, dan kemudian berbelok ke timur bergerak melewati Louisiana, Mississippi dan Florida hingga Kamis.

“Presiden Joe Biden mengumumkan keadaan darurat untuk Louisiana dan memerintahkan bantuan federal untuk responden lokal karena efek dari Nicholas,” kata Gedung Putih.

Gubernur Louisiana John Bel Edwards memperingatkan terhadap banjir bandang yang dipicu hujan lebat karena sistem drainase masih tersumbat oleh puing-puing dari Ida dan badai lainnya.

“Sangat penting bagi kita untuk memiliki sumber daya sebanyak mungkin untuk menanggapi prakiraan hujan lebat, potensi banjir bandang dan banjir sungai di Louisiana Tengah dan Selatan. Saya mendesak semua orang untuk bersiap-siap," katanya di Twitter, Selasa (14/9).

Badai itu diperkirakan akan menurunkan curah hujan 12 cm hingga 25 cm di seluruh wilayah dan mungkin 50 cm di daerah-daerah terpencil di Louisiana selatan hingga Kamis (16/9), kata Layanan Cuaca Nasional.

Nicholas bisa memutus aliran listrik dan menghambat upaya restorasi setelah Ida memadamkan listrik di Louisiana.

Selasa (14/9) pagi, lebih dari 92.000 pelanggan di Louisiana dan 530.000 di Texas kehilangan listrik, sementara di daerah Houston saja, lebih dari 454.000 pelanggan menghadapi pemadaman, kata utilitas CenterPoint Energy.

Seorang pejabat CenterPoint mengatakan kepada media lokal bahwa belum ada jadwal restorasi yang ditetapkan karena kru sedang menilai saluran listrik dan mengisolasi daerah yang terkena dampak.

Gubernur Texas Greg Abbott menyatakan keadaan darurat di 17 kabupaten dan tiga kota, dengan tim penyelamat kapal dan helikopter dikerahkan atau disiagakan.

Sekitar 35 cm hujan turun di Galveston sementara Houston mendapat hampir enam inci hujan semalam dan pagi, Layanan Cuaca Nasional melaporkan.

Di Houston, banyak penduduk, terutama di bagian selatan dan tenggara kota, terbangun karena pemadaman listrik, pohon tumbang dan air di rumah mereka pada Selasa (14/9) setelah Nicholas melewati daerah tersebut.

Wali Kota Houston Sylvester Turner mengatakan pada sebuah pengarahan bahwa sebagian besar panggilan darurat yang diterima kota itu, Selasa (14/9) pagi terkait dengan masalah yang melibatkan emisi dari generator darurat dan tidak banyak yang terkait dengan air yang tinggi. 

Dia mengatakan tidak ada korban luka atau korban jiwa yang dilaporkan di Houston akibat badai tersebut.

Wali Kota Galveston Craig Brown mengatakan kepada Daily News bahwa ada banjir jalanan yang parah di daerah dataran rendah Selasa pagi.

“Yang sedikit mengejutkan kami adalah kecepatan anginnya,” kata Brown tentang kecepatan angin 80 km/jam yang bertiup melalui kotanya yang berpenduduk 50.000 jiwa.

“Mereka sedikit lebih berat dengan kekuatan lebih dari yang kami kira,” tambahnya.

Juru bicara Galveston County Tyler Drummond mengatakan para pejabat sedang menilai kerusakan, tetapi tidak ada laporan tentang cedera.

"Saya menduga apa yang akan kita temukan adalah banyak kerusakan atap dari angin yang berkelanjutan," katanya.

“Semuanya terisolasi. Beberapa rumah yang memiliki beberapa dahan pohon yang tumbang di halaman atau di rumah,” ujarnya.

Di Clear Lake Shores, sebuah kampung yang terdiri dari 1.000 orang sekitar 40 km di utara Galveston, para pembuat kayak mendayung di sepanjang jalan, mengamati kerusakan pada bisnis, menurut rekaman dari KHOU TV di Houston.

Houston, kota terpadat keempat di AS, hancur pada 2017 ketika Harvey, badai Kategori 4, menghantam Texas, menyebabkan curah hujan setinggi 100 cm di beberapa daerah dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Distrik Sekolah Independen Houston bersama dengan lusinan distrik sekolah di kedua negara bagian membatalkan kelas hari Selasa.

Metro di Houston melanjutkan layanan kereta ringan dan bus terbatas pada hari Selasa. Ratusan penerbangan dibatalkan atau ditunda di bandara di Corpus Christi dan Houston.

Meskipun Badai Ida menurunkan sejumlah besar kapasitas penyulingan di Gulf Coast awal bulan ini, penyulingan Texas tetap beroperasi pada Selasa pagi. (Straitstimes/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jung Yeon-je

Target Normal Akhir Oktober, Korsel Mulai Memvaksin Anak Usia 12-17 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 23:39 WIB
Juga menawarkan suntikan penguat (booster) kepada warga berusia 75 tahun ke atas sebagai upaya negara itu untuk kembali hidup normal pada...
AFP/TIMOTHY A. CLARY

Afghanistan Bakal Absen Berpidato di Sidang Umum PBB

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 23:36 WIB
Ghulam Isaczai adalah dubes untuk PBB saat ini, yang mewakili pemerintah Afghanistan yang digulingkan oleh...
Theprint.in

Produsen CanSinoBIO Klaim Vaksinnya Aman untuk Anak dan Remaja

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 22:56 WIB
Produsen vaksin Tiongkok CanSinoBIO menyebut vaksin vektor adenoviral tipe-5 (Ad5) atau rekombinan buatannya aman dan mampu melindungi anak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Porsi Terbesar Operasi untuk Edukasi

Protokol kesehatan pun menjadi fokus Operasi Patuh Jaya 2021

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya