Selasa 14 September 2021, 09:03 WIB

Tiongkok akan Sumbangkan Vaksin Covid-19 ke Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok akan Sumbangkan Vaksin Covid-19 ke Afghanistan

AFP/NHAC NGUYEN
Ilustrasi vaksin covid-19

 

TIONGKOK  akan menyumbangkan, dalam gelombang pertama, 3 juta dosis vaksin covid-19 ke Afghanistan, dengan lebih banyak pasokan darurat menyusul.

Di Jenewa, pada Senin, Kepala Misi Tiongkok untuk PBB Chen Xu mengatakan Tiongkok telah memutuskan untuk segera menyediakan makanan, bahan untuk musim dingin, vaksin covid-19, dan obat-obatan senilai 200 juta yuan ke Afghanistan.

Dikatakan Chen, Tiongkok selalu menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas teritorial Afghanistan sebagai tetangga dekatnya, mematuhi non-intervensi dalam urusan internalnya dan mengejar kebijakan yang bersahabat terhadap semua orang Afghanistan.

"Tiongkok akan terus menghormati keinginan dan kebutuhan rakyat Afghanistan, dan melakukan yang terbaik untuk mendukung Afghanistan dalam rekonstruksi damai dan pembangunan ekonomi," kata utusan Tiongkok pada Pertemuan Tingkat Tinggi Menteri tentang situasi kemanusiaan di Afghanistan.

Chen juga mengatakan Tiongkok mendukung PBB memainkan peran yang lebih besar dalam mengurangi krisis kemanusiaan di Afghanistan dan membantu Afghanistan mencapai transisi yang mulus dan memulai jalan pembangunan damai sejak dini.

"Tiongkok menyambut baik seruan cepat PBB untuk bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan, mendukung PBB untuk memperkuat kerja sama dengan mekanisme multilateral lainnya terkait masalah Afghanistan dan bersinergi dengan saling melengkapi," ungkapnya.

Baca juga: Tiongkok Larang Pengajar Bimbel Berikan Materi Secara Daring

Dia mengatakan pada pertemuan itu bahwa dalam keadaan saat ini, masyarakat internasional perlu meningkatkan bantuan ke Afghanistan.

Amerika Serikat dan sekutunya, katanya, lebih berkewajiban untuk memberikan bantuan ekonomi, mata pencaharian dan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan.

"Situasi Afghanistan yang berkembang sekali lagi menunjukkan bahwa hanya dengan menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Afghanistan, menghormati kehendak rakyat Afghanistan, dan berpegang pada prinsip Afghan-led dan Afghan-owned, komunitas internasional dapat benar-benar memainkan peran konstruktif dalam rekonstruksi damai Afghanistan," tukasnya.(Xinhua/OL-5)

Baca Juga

airport-technology.com

Taliban Umumkan Bandara Kabul Telah Siap Beroperasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 18:10 WIB
Penerbangan di bandara internasional utama Afghanistan di Kabul dihentikan sementara pada Agustus setelah Taliban berhasil mengambil alih...
Eduardo MUNOZ ALVAREZ / POOL / AFP

Sekjen PBB Serukan Agar Senjata Nuklir Dimusnahkan

👤Nur Aivanni 🕔Senin 27 September 2021, 14:04 WIB
Antonio Guterres menyatakan bahwa senjata nuklir harus dihilangkan dari dunia dan era baru dialog, harapan dan perdamaian harus...
AFP/OLIVIER DOULIERY

PM Australia Sebut Kemungkinan tak Gabung di KTT Iklim Global

👤Nur Aivanni 🕔Senin 27 September 2021, 13:56 WIB
Saat ditanya tentang menghadiri konferensi krisis iklim global pada November, Morrison mengatakan kepada surat kabar West Australian,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya