Sabtu 04 September 2021, 11:11 WIB

Hamas: Runtuhnya Terowongan Gaza-Mesir Tewaskan Tiga Warga

Mediaindonesia.com | Internasional
Hamas: Runtuhnya Terowongan Gaza-Mesir Tewaskan Tiga Warga

AFP/Abbas Momani.
Para pengunjuk rasa memegang spanduk yang disponsori Hamas menyerukan pembebasan tahanan Palestina Anhar al-Dik.

 

TIGA jenazah warga Palestina ditemukan pada Jumat (4/9) setelah terowongan bawah tanah dari Jalur Gaza selatan ke Mesir runtuh. Ini disampaikan pihak berwenang di daerah kantong yang dikuasai Hamas.

"Tim pertahanan sipil menemukan tiga mayat di bawah tanah dekat perbatasan, selatan kota Rafah setelah bagian dari terowongan runtuh pada Kamis (3/9)," kata juru bicara kementerian dalam negeri Iyad al-Bozom dalam suatu pernyataan.

Kematian terjadi setelah gas dikirim ke terowongan dari sisi Mesir. Menurut sumber yang dekat dengan Hamas dengan syarat anonim, hal itu memicu keruntuhan yang menewaskan tiga pekerja.

Israel mengatakan jaringan terowongan itu digali di perbatasan dengan Mesir. Terowongan ini memungkinkan Hamas yang didukung Iran dan sekutunya, Jihad Islam, menyelundupkan senjata.

Baca juga: Mesir Bersihkan Masjid dari Buku Salafi dan Ikhwanul Muslimin

Palestina mengatakan terowongan itu merupakan cara bagi orang-orang dan persediaan sehari-hari untuk masuk dan keluar dari daerah kantong pantai. Maklum, Jalur Gaza berada di bawah blokade Israel sejak 2007.

Mesir, menghadapi pemberontakan jihadis di Semenanjung Sinai yang bertetangga dengan Gaza, telah menghancurkan ratusan terowongan sejak 2013. Namun beberapa terowongan masih digunakan untuk penyelundupan, menurut sumber-sumber Palestina.

Baca juga: Palestina Sambut Rencana AS Buka kembali Konsulat Jerusalem

Israel juga telah menghancurkan terowongan antara Gaza dan wilayahnya sendiri. Sepanjang konflik 11 hari dengan kelompok-kelompok bersenjata di daerah kantong itu pada Mei, Israel mengatakan target utama mereka ialah jaringan terowongan yang memungkinkan militan Hamas meluncurkan ribuan roket. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Penjara Israel Berikan Tentara Wanita Menarik untuk Tahanan Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:52 WIB
Ben Shitrit bersaksi di depan panel pemerintah mengenai kegagalan pihaknya yang menyebabkan pembobolan penjara oleh tahanan keamanan...
AFP

Thailand Larang Masuk Pelancong dari Delapan Negara Afrika

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:08 WIB
Pengumuman itu muncul saat sejumlah negara-negara di Asia memperketat perbatasan karena khawatir dengan varian...
AFP/Hazem Bader.

Hamas Peringatkan Dampak Presiden Israel Nyalakan Lilin di Masjid Ibrahimi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 20:44 WIB
Situs suci, yang dikenal umat Islam sebagai masjid Ibrahimi dan orang Yahudi sebagai Gua Patriark, dihormati oleh kedua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya