Selasa 03 Agustus 2021, 21:15 WIB

NATO Kutuk Serangan terhadap Kapal Tanker Israel dan Peringatkan Iran

Mediaindonesia.com | Internasional
NATO Kutuk Serangan terhadap Kapal Tanker Israel dan Peringatkan Iran

AFP/Karim Sahib.
MV Mercer Street.

 

ALIANSI NATO mengutuk serangan mematikan terhadap kapal tanker yang dioperasikan Israel pada pekan lalu. Mereka mendesak Iran untuk menghormati aturan pelayaran internasional.

Secara terpisah, Uni Eropa juga mengutuk serangan yang tidak dapat diterima dan setiap tindakan yang akan merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan ini.

Amerika Serikat, Inggris, dan Israel mengatakan Iran melancarkan serangan terhadap kapal, MV Mercer Street, di lepas pantai Oman pekan lalu, menewaskan seorang penjaga keamanan Inggris dan seorang awak Rumania.

Baca juga: Israel Dorong PBB Bertindak kepada Iran atas Serangan Kapal Tanker

Iran, yang melantik ultrakonservatif Ebrahim Raisi sebagai presiden baru pada Selasa (3/8), membantah terlibat. Ia telah memperingatkan akan menanggapi setiap petualangan dari musuh baratnya.

Inggris dan Rumania merupakan sekutu di NATO, di samping Amerika Serikat yang telah berjanji untuk memimpin tanggapan kolektif atas insiden tersebut.

Pada Selasa (3/8), seorang juru bicara NATO mengutuk keras serangan itu. "Kebebasan navigasi sangat penting bagi semua sekutu NATO dan harus ditegakkan sesuai dengan hukum internasional," kata juru bicara NATO Dylan White.

"Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Rumania telah menyimpulkan bahwa Iran kemungkinan besar bertanggung jawab atas insiden ini. Sekutu tetap prihatin dengan tindakan destabilisasi Iran di kawasan itu dan meminta Teheran untuk menghormati kewajiban internasionalnya."

Baca juga: AS Janji Pimpin Tanggapan Bersama Terkait Serangan Kapal Tanker Israel

Juru bicara urusan luar negeri Uni Eropa Nabila Massrali mengatakan kepada wartawan, "Serangan ini harus diklarifikasi. Kami mencatat penyelidikan yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Israel. Ini adalah tindakan yang bertentangan dengan kebebasan navigasi di area ini dan tentu saja tidak dapat diterima." (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Mihai Barbu

Antisipasi Ancaman Rusia, NATO Bangun Kekuatan Baru

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 09:57 WIB
Pasukan tempur di bagian timur aliansi hingga tingkat brigade ditingkatkan. Sebuah brigade memiliki sekitar 3.000 hingga 5.000...
AFP/EVARISTO SA

Pengadilan Banding Naikan Denda Kompensasi yang Harus Dibayarkan Bolsonaro ke Wartawati

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 09:15 WIB
Kasus itu berawal pada Februari 2020 ketika Bolsonaro menuding Campos Melo menawarkan imbalan seks kepada sejumlah narasumber untuk...
AFP/GRIGORY SYSOYE

Putin Tuduh NATO Ambil Untung dari Konflik di Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 09:09 WIB
Putin mengatakan hubungan Moskow dengan Helsinki dan Stockholm dipastikan akan memburuk karena status baru kedua negara di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya