Selasa 20 Juli 2021, 11:52 WIB

INH Tebar Kurban ke Enam Negara

Mediaindonesia.com | Internasional
INH Tebar Kurban ke Enam Negara

DOK Pribadi.
Kurban INH untuk Gaza Palestina.

 

MUSLIM Rohingya di pedalaman Sitwee, Arakan State, termasuk salah satu yang minoritas dan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Karenanya, kelompok tersebut menjadi salah satu tujuan pengiriman kurban setiap tahun dari sejumlah lembaga kemanusiaan, salah satunya International Networking for Humanitarian (INH).

"Kami hidup di gubuk. Dari atas, kami kehujanan dan dari bawah kedinginan. Hidup kami benar-benar sulit. Bantuan dari luar juga sulit," ungkap Halimah, 43, seorang janda warga Rohingya, salah satu penerima manfaat kurban melalui INH.

Selain Rohingya, komunitas Muslim yang terisolasi dari dunia luar, Palestina, juga menjadi fokus utama pengadaan kurban setiap tahun. Pendiri INH, Muhammad Husein, sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Jalur Gaza, Palestina, akan memimpin langsung penyaluran berbagai bantuan masyarakat Indonesia melalui INH di sana.

Lembaga kemanusiaan itu menyalurkan ratusan hewan kurban, baik sapi, domba, maupun kambing di enam negara yang memiliki riwayat konflik dan minoritas muslim. Keenam negara yang menjadi sasaran qurban INH yakni Palestina, Yaman, Suriah, Uganda, Myanmar, dan Indonesia.

"Alhamdulillah untuk program kurban 2021 atau bertepatan dengan 1442 Hijriyah total ada 116 ekor baik sapi, domba, maupun kambing. Di Palestina terkumpul 3 sapi dan 26 domba, Yaman 2 sapi dan 2 domba, serta Uganda 6 sapi, 26 kambing, dan 25 domba. Untuk Suriah terkumpul 1 sapi dan 10 domba, Rohingya atau Myanmar 14 domba dan 1 sapi, serta Indoesia 5 kambing," jelas Luqmanul Hakim Presiden Direktur INH, Selasa (20/7).

Luqman mengucapkan banyak terima kasih kepada para jemaah dan masyarakat Indonesia yang sudah menitipkan kurban melalui INH. Mudah-mudahan kurban ini menjadi amal saleh dan pembelajaran para jemaah untuk meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Baca juga: Ben & Jerry Putuskan Berhenti Jualan Es Krim di Permukiman Israel di Palestina

 

"Semua sudah kami distribusikan ke masing-masing negara. Dengan demikian pada hari H pelaksanaan Idul Kurban mereka sudah bisa melakukan penyembelihan dan membagikan kepada masyarakat di masing-masing negara yang menjadi tujuan penyaluran kurban kita," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Utusan AS Desak Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:38 WIB
Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim bertemu dengan mitra selatannya Noh Kyu-duk setelah pertemuan dengan mitra Jepang mereka di...
Paul ELLIS / AFP

Inggris Mencatat 44.985 Kasus Baru Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:57 WIB
Dengan begitu, jumlah total kasus virus korona di negara Inggris menjadi 8.734.934, menurut angka resmi yang dirilis pada Sabtu...
AFP/Handout / Colombian army

Gembong Narkoba Paling Diburu di Kolombia Ditangkap

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:30 WIB
Penangkapan Otoniel itu merupakan kemenangan besar bagi pemerintahan Presiden Ivan Duque, yang negaranya merupakan pengimpor kokain...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya