Kamis 24 Juni 2021, 23:24 WIB

Uni Eropa Desak Penyelidikan atas Tewasnya Aktivis HAM Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Uni Eropa Desak Penyelidikan atas Tewasnya Aktivis HAM Palestina

AFP/Abbas Momani.
Salah satu pengunjuk rasa berhadapan dengan petugas keamanan Otoritas Palestina, Kamis (24/6).

 

UNI Eropa (UE), salah satu donor terbesar untuk Otoritas Palestina ( Palestinian Authority/PA), mengatakan pihaknya terkejut dan sedih dengan insiden tewasnya aktivis HAM Nizar Banat. UE menyerukan penyelidikan penuh, independen, dan transparan.

Delegasi UE telah menyuarakan keprihatinan pada November lalu setelah Nizar Banat menghabiskan empat hari dalam tahanan. Begitu pun pada Mei setelah pasukan keamanan Palestina menggerebek rumahnya.

Utusan UE untuk Palestina mengatakan pada saat itu bahwa kekerasan terhadap politisi dan pembela hak asasi manusia tidak dapat diterima dan mendesak PA untuk memastikan penghormatan terhadap kebebasan berekspresi dan perlindungan aktivis hak asasi manusia.

Farid al-Atrash, dari kelompok hak asasi Palestina Komisi Independen untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan kematian Banat menandai hari gelap dalam sejarah rakyat Palestina. Shawan Jabarin, direktur kelompok hak asasi Al-Haq, bergabung dengan seruan untuk penyelidikan yang hati-hati.

Pada Selasa, aktivis hak asasi manusia Palestina yang berbasis di Hebron, Issa Amro, mengatakan dia ditahan sebentar setelah mem-posting kritik terhadap penahanan politik di Facebook. Jajak pendapat yang diterbitkan awal bulan ini oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina menemukan bahwa 84% orang Palestina percaya bahwa PA korup.

 

PA, yang dibentuk berdasarkan Kesepakatan Oslo, menjalankan kekuasaan terbatas atas sekitar 40% Tepi Barat, yang diduduki Israel sejak Perang Enam Hari pada 1967. Israel, yang mengontrol semua akses ke wilayah itu dan berkoordinasi dengan PA, secara langsung mengelola 60% sisanya. (AFP/OL-14)

 

Baca Juga

timesofisrael

Maskapai Israel Israir Buka Penerbangan Langsung ke Maroko

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:15 WIB
Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan pekan lalu bahwa dia akan mengunjungi Maroko tak lama setelah layanan Israir...
AFP

Topan In-Fa Terjang Pusat Bisnis Tiongkok dan Shanghai

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:32 WIB
Topan In-fa menerjang pusat bisnis Tiongkok, Shanghai, dan daerah sekitarnya di pesisir pada Minggu...
AFP/Thomas Coex

Macron Tuntut Penjelasan Israel Terkait Spyware Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:29 WIB
Tuntutan itu disampaikan Macron saat  ia melakukan pembicaraan dengan Bennett melalui telepon, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya