Jumat 11 Juni 2021, 08:56 WIB

G7 Janjikan Satu Miliar Dosis Vaksin Covid untuk Dunia

Nur Aivanni | Internasional
G7 Janjikan Satu Miliar Dosis Vaksin Covid untuk Dunia

dok.medcom
Ilustrasi vaksin Covid-19

 

PARA pemimpin G7 akan setuju untuk memperluas manufaktur vaksin covid-19 global untuk menyediakan setidaknya satu miliar dosis untuk dunia melalui skema berbagi dan pembiayaan. Hal itu disampaikan Inggris pada Kamis atau Jumat WIB (11/6).

Pengumuman itu muncul setelah Amerika Serikat mengatakan akan menyumbangkan 500 juta suntikan ke 92 negara miskin dan berpenghasilan menengah ke bawah.

Inggris menambahkan akan menyumbangkan setidaknya 100 juta dosis surplus dalam tahun depan, termasuk lima juta yang dimulai dalam beberapa minggu mendatang.

Komitmen tersebut mengikuti seruan yang berkembang bagi negara-negara kaya untuk meningkatkan upaya mereka untuk berbagi suntikan covid-19 dengan negara-negara kurang berkembang.

"Pada KTT para pemimpin dunia diharapkan mengumumkan bahwa mereka akan memberikan setidaknya satu miliar dosis vaksin virus korona ke dunia.. dan menetapkan rencana untuk memperluas pembuatan vaksin untuk mencapai tujuan itu," bunyi sebuah pernyataan dari Downing Street.

Sementara itu, anggota UE telah sepakat untuk menyumbangkan setidaknya 100 juta dosis pada akhir tahun 2021, dengan Prancis dan Jerman masing-masing berkomitmen untuk menyediakan 30 juta.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengeluarkan seruannya sendiri untuk kelompok farmasi yang memproduksi vaksin untuk menyumbangkan 10 persen dari produksi mereka ke negara-negara miskin.

Presiden AS Joe Biden, pada Kamis, memberi hormat pada momen "bersejarah" dalam perang melawan pandemi setelah Washington mengumumkan sumbangannya.

"Ini tentang tanggung jawab kami, kewajiban kemanusiaan kami untuk menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa," kata Biden kepada wartawan pada awal perjalanan luar negeri pertamanya sebagai presiden.

Biden mengatakan langkah itu juga untuk kepentingan AS karena risiko varian, sementara Gedung Putih mengatakan keputusan itu akan mempercepat perjuangan global melawan pandemi. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Jelang KTT G7, Baju Ibu Negara AS Curi Perhatian

Baca Juga

MI/Cahya M

Kompleks Bandara Internasional Bagdad Dihantam Sejumlah Roket

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 18:12 WIB
Sejumlah roket menghantam kompleks Bandara Internasional Baghdad dan pangkalan udara AS yang berada di dekatnya, merusak sedikitnya satu...
AFP/NICHOLAS KAMM

AS Minta DK PBB untuk Bertemu Bahas Rusia dan Ukraina

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 28 Januari 2022, 13:47 WIB
"Rusia terlibat dalam tindakan destabilisasi lainnya yang ditujukan ke Ukraina, yang merupakan ancaman nyata bagi perdamaian dan...
 Fayez Nureldine / AFP

Indonesia Masuk Kategori Green List Country Qatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 13:42 WIB
Pelaku perjalanan asal Indonesia yang telah divaksin Covid-19 bisa lebih leluasa mengunjungi negara Arab...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya