Sabtu 08 Mei 2021, 21:56 WIB

Serangan di Masjid Al-Aqsa saat Jemaah Buka Puasa

Mediaindonesia.com | Internasional
Serangan di Masjid Al-Aqsa saat Jemaah Buka Puasa

AFP/Ahmad Gharabli.
Pengunjuk rasa Palestina menyaksikan selama bentrokan dengan pasukan keamanan Israel di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem.

 

DIREKTUR Masjid Al-Aqsa Omar al-Kiswani mengatakan dalam video yang di-posting oleh aktivis Palestina bahwa tepat setelah buka puasa Masjid Al-Aqsa diserbu dan jemaah yang tidak bersenjata diserang untuk mengosongkannya. Ratusan orang tidur di karpet masjid pada Jumat malam. Banyak yang bertahan dalam aksi pembangkangan terhadap tindakan polisi.

Yordania mengutuk serangan barbar Israel. Mesir, Turki, Tunisia, Pakistan, dan Qatar mengecam pasukan Israel atas konfrontasi tersebut. Israel juga menuai kritik dari Bahrain dan Uni Emirat Arab, dua negara yang menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel tahun lalu.

Iran meminta PBB untuk mengutuk tindakan polisi Israel. Alasannya, "Kejahatan perang ini sekali lagi membuktikan kepada dunia sifat kriminal dari rezim Zionis yang tidak sah," ujarnya.

 

Bentrokan itu terjadi setelah kekerasan yang meningkat selama seminggu. Jumat pagi, polisi Israel mengatakan petugas menewaskan dua warga Palestina dan melukai yang ketiga setelah tiga pria itu melepaskan tembakan ke pangkalan Salem di Tepi Barat yang diduduki. Ini yang terbaru dari beberapa penembakan mematikan minggu itu.

Bentrokan juga berulang kali terjadi di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem timur yang dipicu oleh upaya selama bertahun-tahun oleh pemukim Yahudi untuk mengambil alih rumah Palestina. Mahkamah Agung Israel akan mengadakan sidang baru dalam kasus tersebut pada Senin, ketika Israel menandai Hari Yerusalem untuk merayakan pembebasan kota, termasuk dengan parade bendera Israel melalui Kota Tua. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Peter PARKS / AFP

Dua Aktivis Pejuang Demokrasi Hong Kong Mulai Diadili 

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:02 WIB
Dua eksekutif media massa Apple Daily yang dikenal sebagai prodemokrasi Hong Kong, Ryan Law dan Cheung Kim-hung , mulai...
AFP

WHO: Varian Delta Dominasi Kasus Covid-19 di Dunia

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:45 WIB
VARIAN Covid-19 Delta, yang awalnya muncul di India, menjadi varian dominan secara global, menurut kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan...
dok.mi

Ledakan Dekat Kantor Partai Pro Militer Myanmar Tewaskan 2 Orang

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 09:55 WIB
SEBUAH truk militer Myanmar dilaporkan meledak dalam salah satu dari dua ledakan di dekat kantor partai politik yang didukung tentara di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya