Sabtu 08 Mei 2021, 21:56 WIB

Serangan di Masjid Al-Aqsa saat Jemaah Buka Puasa

Mediaindonesia.com | Internasional
Serangan di Masjid Al-Aqsa saat Jemaah Buka Puasa

AFP/Ahmad Gharabli.
Pengunjuk rasa Palestina menyaksikan selama bentrokan dengan pasukan keamanan Israel di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem.

 

DIREKTUR Masjid Al-Aqsa Omar al-Kiswani mengatakan dalam video yang di-posting oleh aktivis Palestina bahwa tepat setelah buka puasa Masjid Al-Aqsa diserbu dan jemaah yang tidak bersenjata diserang untuk mengosongkannya. Ratusan orang tidur di karpet masjid pada Jumat malam. Banyak yang bertahan dalam aksi pembangkangan terhadap tindakan polisi.

Yordania mengutuk serangan barbar Israel. Mesir, Turki, Tunisia, Pakistan, dan Qatar mengecam pasukan Israel atas konfrontasi tersebut. Israel juga menuai kritik dari Bahrain dan Uni Emirat Arab, dua negara yang menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel tahun lalu.

Iran meminta PBB untuk mengutuk tindakan polisi Israel. Alasannya, "Kejahatan perang ini sekali lagi membuktikan kepada dunia sifat kriminal dari rezim Zionis yang tidak sah," ujarnya.

 

Bentrokan itu terjadi setelah kekerasan yang meningkat selama seminggu. Jumat pagi, polisi Israel mengatakan petugas menewaskan dua warga Palestina dan melukai yang ketiga setelah tiga pria itu melepaskan tembakan ke pangkalan Salem di Tepi Barat yang diduduki. Ini yang terbaru dari beberapa penembakan mematikan minggu itu.

Bentrokan juga berulang kali terjadi di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem timur yang dipicu oleh upaya selama bertahun-tahun oleh pemukim Yahudi untuk mengambil alih rumah Palestina. Mahkamah Agung Israel akan mengadakan sidang baru dalam kasus tersebut pada Senin, ketika Israel menandai Hari Yerusalem untuk merayakan pembebasan kota, termasuk dengan parade bendera Israel melalui Kota Tua. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Inggris dan Amerika Waspadai Serangan Spionase Tiongkok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:31 WIB
Intelijen Tiongkok dinilai sangat istimewa dari negara lain karena lebih jeli dan sabar dalam menggali...
AFP/Said Khatib.

Dilarang Israel Pergi, Warga Palestina Sedih tidak Dapat Naik Haji

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 21:57 WIB
Alasan di balik pelarangan tersebut sering kali disembunyikan. Baik pengacara maupun terdakwa tidak dapat...
AFP

Boris Johnson Awali Kariernya Sebagai Jurnalis

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 07 Juli 2022, 21:23 WIB
Di tengah polemik pengunduran dirinya dari jabatan PM Inggris, Boris Johnson ternyata mengawali kariernya di dunia jurnalistik, yakni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya