Sabtu 08 Mei 2021, 21:44 WIB

Arab Israel, AS, Uni Eropa Protes Bentrokan di Masjid Al-Aqsa

Mediaindonesia.com | Internasional
Arab Israel, AS, Uni Eropa Protes Bentrokan di Masjid Al-Aqsa

AFP/Ahmad Gharabli.
Pasukan keamanan Israel bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem, Jumat (7/5).

 

PADA Sabtu (8/5), puluhan warga Arab Israel melakukan protes di Nazareth sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina di Yerusale. Mereka memegang tulisan, "Pendudukan adalah terorisme."

Komite Tindak Lanjut Tinggi untuk Orang Arab di Israel, yang mewakili 20% minoritas di negara itu, menyerukan protes di kota-kota Arab lain dan Yerusalem.

Amerika Serikat--sekutu setia Israel yang nada suaranya semakin keras di bawah Presiden AS Joe Biden--mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan peristiwa tersebut dan mendesak kedua belah pihak untuk menghindari langkah-langkah yang memperburuk ketegangan atau membawa kita semakin jauh dari perdamaian.

 

"Hal itu termasuk penggusuran di Yerusalem timur, aktivitas pemukiman, penghancuran rumah, dan aksi terorisme," kata Departemen Luar Negeri AS.

Uni Eropa meminta pihak berwenang untuk bertindak segera mengurangi ketegangan saat ini. "Kekerasan dan penghasutan tidak dapat diterima dan para pelaku di semua sisi harus dimintai pertanggungjawaban," ujarnya.

Presiden Palestina Mahmud Abbas mengatakan dia menganggap pemerintah Israel bertanggung jawab atas kerusuhan itu dan menyuarakan, "Dukungan penuh untuk para pahlawan kita di Al-Aqsa."

Yair Lapid, seorang politikus Israel, yang mencoba membentuk pemerintahan koalisi untuk menggantikan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengirimkan dorongan kepada petugas polisi.

"Negara Israel tidak akan membiarkan kekerasan lepas dan pasti tidak akan membiarkan kelompok teror mengancamnya," cuitnya. "Siapa pun yang ingin menyakiti kita harus tahu bahwa dia akan membayar harga yang mahal." (OL-14)

Baca Juga

AFP/HANDOUT / Imperial Household Agency

Kaisar Jepang Keluar dari RS Usai Menjalani Pemeriksaan Prostat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 14:23 WIB
Kaisar Jepang Naruhito keluar dari rumah sakit di Tokyo pada Senin setelah menjalani pemeriksaan jaringan terkait pembesaran...
Sky News

Putri Kim Jong Un Digambarkan Sebagai Yang Paling Dicintai dan Berharga

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 09:58 WIB
Korea Utara pada Minggu (27/11) kembali memberitakan tentang putri dari pemimpin Korut Kim Jong Un dan menggambarkannya sebagai orang...
AFP

Ini Alasan Amerika Serikat Larang Penjualan Huawei dan ZTE

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 07:29 WIB
Pemerintah Amerika Serikat melarang penjualan peralatan telekomunikasi baru yang dibuat oleh perusahaan Tiongkok Huawei Technologies Co....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya