Sabtu 08 Mei 2021, 07:35 WIB

Polisi Israel Bentrok dengan Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

Nur Aivanni | Internasional
Polisi Israel Bentrok dengan Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

AFP/Ahmad GHARABLI
Bentrokan antara pasukan keamanan Israel dengan warga Palestina di komplek Masjid Al Aqsa, Jumat (7/5/2021)

 

POLISI anti huru hara Israel bentrok dengan ratusan warga Palestina di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada Jumat malam. Warga Palestina melemparkan batu, botol, dan kembang api ke arah polisi yang menembakkan peluru karet dan granat kejut dalam kerusuhan tersebut.

Setidaknya 163 warga Palestina dan enam petugas polisi Israel dilaporkan terluka di Al-Aqsa dan di tempat lain di Yerusalem timur. Polisi Israel mengatakan bahwa karena kerusuhan ribuan jemaah setelah salat Isya, aparat keamanan harus memulihkan ketertiban.

Ketegangan di Yerusalem meningkat dalam beberapa pekan terakhir ketika warga Palestina memprotes pembatasan Israel atas akses ke bagian Kota Tua selama bulan suci Ramadan, dan setelah pihak berwenang memerintahkan beberapa keluarga Palestina untuk meninggalkan rumah mereka untuk memberi jalan bagi pemukim Israel.

Amerika Serikat menyerukan de-eskalasi dan mengatakan penggusuran yang terancam dapat memperburuk situasi di Yerusalem timur. Perserikatan Bangsa-Bangsa pun memperingatkan penggusuran paksa bisa menjadi kejahatan perang.

baca juga: Palestina

Kerusuhan pada Jumat terjadi pada Hari Al-Quds, hari demonstrasi pro-Palestina yang diadakan oleh Iran, musuh bebuyutan Israel, yang juga menyaksikan ribuan orang berbaris di negara-negara mayoritas Muslim di seluruh wilayah dan hingga Pakistan. Presiden Palestina Mahmud Abbas mengatakan bahwa dia menganggap pemerintah Israel bertanggung jawab atas kerusuhan itu dan menyuarakan dukungan penuh untuk para pahlawan di Aqsa. (AFP/OL-3)

 

Baca Juga

 AFP/Hazem Bader.

Orang Badui Israel Anggap Janji-Janji Pemerintah Baru itu Palsu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 12:33 WIB
Sebagian besar dari hampir 300.000 orang Badui Israel tinggal di Negev yang gersang di selatan negara itu, di pinggiran masyarakat...
AFP/Jim Watson

AS Tengah Persiapkan Sanksi Baru untuk Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 10:01 WIB
"Kami mengumpulkan sekutu Eropa dalam upaya bersama untuk mengenakan biaya pada Rusia untuk penggunaan bahan kimia terhadap salah satu...
AFP/Handout / various sources

Hadiri Konferensi Keamanan, Pemimpin Junta Myanmar Tiba di Moskow

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:14 WIB
Pemimpin Junta Min Aung Hlaing meninggalkan ibu kota Naypyidaw, Minggu (20/6), dengan penerbangan khusus untuk menghadiri Konferensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya