Selasa 06 April 2021, 21:11 WIB

Iran Gembira Pejabat Amerika Minta Pencabutan Sanksi

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Gembira Pejabat Amerika Minta Pencabutan Sanksi

AFP/-.
Juru bicara pemerintah Ali Rabiei.

 

IRAN menyambut baik komentar baru-baru ini yang menjanjikan oleh para pejabat AS. Komentar tersebut secara eksplisit menyarankan agar Amerika Serikat mencabut sanksi kepada Iran untuk kembali pada kesepakatan nuklir 2015.

"Kami menemukan posisi ini realistis dan menjanjikan. Ini bisa menjadi awal untuk memperbaiki proses buruk yang telah membawa diplomasi ke jalan buntu," kata juru bicara pemerintah Ali Rabiei kepada wartawan di Teheran, pada Selasa (6/4).

Amerika Serikat bergabung dalam pembicaraan, Selasa, di ibu kota Austria, Wina, tempat kesepakatan pada 2015 dicapai. Pembicaraan ini bertujuan menyelamatkan kesepakatan.

Presiden AS Donald Trump menarik diri dari kesepakatan itu pada 2018. Ia memberlakukan kebijakan tekanan maksimum terhadap Teheran yang kekurangan uang dan terisolasi. Trump juga secara bertahap membatalkan beberapa komitmennya di bawah perjanjian.

 

Namun penerus Trump, Joe Biden, mengatakan dia siap untuk membalikkan keputusan tersebut. Pada konferensi pers, Selasa, Rabiei diminta menanggapi komentar utusan khusus AS untuk Iran, Robert Malley.

Malley telah mengatakan kepada PBS Newshour pada Jumat bahwa Amerika Serikat tahu bahwa untuk kembali ke kepatuhan, itu harus mencabut sanksi yang tidak sesuai dengan (kesepakatan 2015). Rabiei berkata, "Kami menghormati komentar-komentar ini." (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Ayman AREF

Kecelakaan Kereta di Mesir, 11 Orang Tewas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 10:49 WIB
Pemerintah Mesir, dalam sebuah keterangan resmi, mengatakan empat gerbong kereta yang dalam perjalanan dari Kairo menuju Masoura,...
AFP/Win McNamee/Getty Images

Separuh Orang Dewasa AS Telah Dapat Satu Dosis Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 10:35 WIB
Setidaknya 130 juta warga AS yang berusia 18 tahun atau lebih telah menerima vaksin covid-19, mewakili 50,4% populasi orang...
Afghan Presidential Palace / AFP

Tarik Pasukan, Menlu AS Sebut Teror Telah Pindah dari Afghnistan

👤Nur Aivanni 🕔Senin 19 April 2021, 10:22 WIB
Blinken mengatakan ancaman teror telah berpindah ke tempat lain dan bahwa Washington perlu memfokuskan kembali sumber daya pada tantangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya