Sabtu 20 Maret 2021, 17:15 WIB

Joe Biden Ajak Warga AS Lawan Rasisme Anti-Asia

Nur Aivanni | Internasional
Joe Biden Ajak Warga AS Lawan Rasisme Anti-Asia

AFP
Demonstrasi mengutuk rasisme di AS

 

PRESIDEN AS Joe Biden mendesak warga Amerika untuk menentang kebencian rasial, dengan memperingatkan bahwa sikap berdiam diri justru mendukung tindakan rasis.

Biden membuat pernyataan di Georgia di mana dia bertemu dengan para tokoh keturunan Asia-Amerika setelah serangan di tiga panti pijat area Atlanta.

Penembakan itu menewaskan delapan orang, termasuk enam perempuan Asia.

Meskipun polisi tidak menyebut ras sebagai motif serangan itu, serangan itu terjadi di tengah lonjakan kekerasan anti-Asia.

Kejahatan rasial terhadap orang-orang keturunan Asia Timur telah meningkat selama pandemi covid-19. "Dan rasisme telah menjadi racun yang telah lama menghantui dan mengganggu bangsa kita, itu yang harus dibasmi oleh warga Amerika," kata Biden.

 

Biden juga mendesak Kongres untuk mengesahkan RUU anti kejahatan rasial terkait virus korona yang digulirkan awal bulan ini oleh dua anggota parlemen keturunan Asia-Amerika.

RUU tersebut akan mendukung upaya Departemen Kehakiman untuk memerangi tindakan semacam itu.

 

RUU itu, kata Gedung Putih, akan mempercepat tanggapan pemerintah federal terhadap meningkatnya kejahatan rasial yang diperburuk selama pandemi, mendukung pemerintah negara bagian dan lokal untuk memperbaiki pelaporan kejahatan rasial. Beleid itu juga memastikan bahwa informasi kejahatan rasial lebih bisa diakses oleh komunitas Asia-Amerika.

 

Telah terjadi peningkatan tajam dalam serangan terhadap orang Asia-Amerika sejak dimulainya pandemi. Para aktivis pun mengaitkannya dengan retorika yang menyalahkan orang-orang Asia atas wabah tersebut.

 

"Kebencian tidak punya tempat yang aman di Amerika. Itu harus dihentikan," kata Biden. "Itu ada pada kita semua untuk bersama-sama menghentikannya," katanya.

 

Pada Jumat, pejabat setempat merilis nama dari kedelapan korban dalam serangan di tiga panti pijat itu.

Sementara itu, kantor Sheriff Georgia yang menyelidiki penembakan itu mencopot juru bicaranya dari penanganan kasus tersebut pada Kamis setelah muncul unggahan di media sosial yang menunjukkan Kapten Jay Baker menampilkan T-shirt yang menyebut covid-19 sebagai virus yang diimpor dari CHY-NA. (BBC/OL-8)

 

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Israel Runtuhkan Rumah Warga Palestina Diduga Membunuh dengan Kapak

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:59 WIB
Israel menghancurkan rumah dua pemuda Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Senin (8/8). Keduanya dicurigai melakukan serangan...
AFP/Said Khatib.

Gencatan Senjata Israel-Jihad Islam, Truk Bahan Bakar Masuk Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:57 WIB
Truk bahan bakar memasuki Jalur Gaza, Palestina, saat gencatan senjata yang ditengahi Mesir antara Israel dan militan Jihad Islam diadakan...
AFP/Ed Jones

PBB Minta Ukraina dan Rusia tak Main Api di PLTN Zaporizhzhia

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:32 WIB
"Setiap serangan ke pembangkit nuklir adalah bunuh diri. Saya berharap serangan itu akan berakhir, dan pada saat yang sama saya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya