Sabtu 13 Maret 2021, 11:00 WIB

Taiwan Promosikan Wisata Halal

mediaindonesia.com | Internasional
Taiwan Promosikan Wisata Halal

Dok: Teto
Masjid di Taiwan

 

HANYA butuh waktu lima jam penerbangan dari Indonesia, pelancong sudah tiba di Negara Taiwan yang kini sedang mempromosikan wisata halalnya. Lingkungan wisata muslim yang ramah adalah nilai jual utama Taiwan.

Pelancong hanya perlu mengunduh aplikasi Taiwan Halal yang dikembangkan oleh pelajar Indonesia di Taiwan untuk bisa mengetahui beragam lokasi wisata halal, tempat ibadah, restoran, toko, hotel musala hingga wisata kuliner. Aplikasi ini pun membantu wisatawan mengetahui beragam lokasi wisata dan memudahkan umat muslim menjalankan rutinitas sehari-hari.

Operator bus wisata yang membawa grup wisata muslim juga mengatur ruang kendaraan yang terpisah antara pria dan wanita, sehingga teman-teman muslim dapat menikmati sepenuhnya perjalanan di Taiwan.

Negara yang pernah terpilih sebagai peringkat ke-3 dunia dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) ini memang sedang gencar mempromosikan berbagai sertifikasi halal dan berusaha untuk menciptakan lingkungan muslim yang ramah.

Lalu bagaimana dengan kebutuhan makan dan tempat tinggal? Ya, sejak 2012, Biro Pariwisata Taiwan bekerja sama dengan badan sertifikasi sering mengadakan beberapa seminar tentang sertifikasi makanan dan wisata Muslim sekaligus mengeluarkan label "Sertifikasi Makanan Halal" dan tanda "Sertifikasi Restoran Ramah Muslim" untuk pelaku usaha perhotelan Taiwan.

Banyak pelaku usaha perhotelan di Taiwan juga telah memperoleh sertifikasi ramah muslim, sehingga tidak perlu khawatir kesulitan dalam memilih hotel untuk ditempati. Menurut statistik dari Biro Pariwisata Taiwan, pada Maret 2021, terdapat 276 restoran halal, restoran dan hotel ramah muslim di Taiwan, termasuk hotel bintang lima, peternakan rekreasi, dan makanan jalanan.

Baca juga: Skuter Listrik Taiwan Mampu Isi Baterai Kosong tak Sampai 1 Menit

Bahkan jajanan khas Taiwan popcorn chicken yang terkenal menggunakan ayam segar dengan sertifikasi halal. Lalu ada restoran yang menyajikan bakmi sapi halal. Wisatawan muslim pun bisa menikmati makan dengan nyaman.

Jika kondisi badan menurun, wisatawan muslim disarankan tak perlu takut mendatangi rumah sakit karena sudah banyak yang memperoleh sertifikasi Lingkungan Ramah Muslim di antaranya Dinas Kesehatan Kota Taipei yang menggunakan metode layanan medis terpisah untuk pria dan wanita, kemudian pasien wanita muslim hanya akan dirawat oleh staf medis wanita.

Banyak rumah sakit juga telah merancang berbagai pilihan makanan halal, bahkan mendirikan mesin penjual makanan bersertifikasi halal di rumah sakit serta melakukan pendidikan dan pelatihan agar staf medis dapat lebih memahami budaya muslim, kebiasaan makan serta meningkatkan kualitas layanan medis untuk pasien muslim.

Untuk beribadah, Taiwan memiliki 10 masjid. Kota-kota besar di utara, tengah, selatan dan timur disebut cocok bagi umat Islam untuk beribadah. Kawasan wisata utama, fasilitas umum dan pusat perbelanjaan juga menyediakan fasilitas musala. Salah satu masjid yang terkenal yakni Masjid Agung Taipei yang terletak di kawasan terbaik Kota Taipei, merupakan hasil karya seorang arsitek ternama Taiwan. Dua menara peribadatan di bagian luar tingginya lebih dari 20 meter. Bangunannya megah dan merupakan tempat penting bagi muslim untuk beribadah di Taiwan.(RO/OL-5)

Baca Juga

DOK.KEMENLU

Kemenlu Kembali Pulangkan 14 WNI Korban Penipuan dari Kamboja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:45 WIB
Proses pemulangan tersebut merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menlu RI dengan Mendagri Kamboja dan Kepala Kepolisian Kamboja pekan...
AFP/Mohammed Abed.

Konflik Mematikan Palestina dan Israel sejak 2014

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:33 WIB
Menyusul gejolak pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu, berikut ini tinjauan kembali pada konflik mematikan...
AFP/Mohammed Abed.

Israel Runtuhkan Rumah Warga Palestina Diduga Membunuh dengan Kapak

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:59 WIB
Israel menghancurkan rumah dua pemuda Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Senin (8/8). Keduanya dicurigai melakukan serangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya