Sabtu 06 Maret 2021, 18:30 WIB

Covax Kirim Vaksin Covid-19 ke 20 Negara

Nur Aivanni | Internasional
Covax Kirim Vaksin Covid-19 ke 20 Negara

AFP/Tina Smole.
Menteri Kesehatan Uganda Jane Ruth Aceng (dua dari kana) berpose di sebelah kotak vaksin AstraZeneca yang dikirim Covax.

 

COVAX, kampanye vaksin internasional yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mitranya, telah mengirimkan lebih dari 20 juta dosis vaksin covid-19 ke 20 negara. Awal pekan ini, kampanye pertama vaksinasi covid-19 di Afrika menggunakan dosis yang disediakan oleh Covax.

Vaksinasi itu dimulai dari Ghana dan Pantai Gading kemudian diikuti dengan pengiriman ke 18 negara lain, sebagian besar di Afrika. Dalam konferensi pers, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa Covax akan mengirimkan 14,4 juta dosis ke 31 negara lebih lanjut pada pekan depan.

Namun, ujarnya, volume dosis yang disalurkan melalui Covax masih relatif kecil. Menurutnya, dosis itu hanya sekitar 2%-3% dari populasi negara yang menerima vaksin melalui Covax.

Tedros mengatakan organisasinya sedang berupaya untuk menghubungkan perusahaan yang memproduksi vaksin dengan perusahaan lain yang memiliki kapasitas berlebih untuk memproduksinya.

Dia juga menegaskan kembali seruan untuk transfer teknologi vaksin dari perusahaan yang memiliki hak paten atas vaksin kepada mereka yang dapat memproduksinya.

"Contoh yang baik dari pendekatan ini yaitu AstraZeneca. Perusahaan ini mentransfer teknologi vaksinnya ke SKBio di Republik Korea dan Serum Institute of India yang memproduksi vaksin AstraZeneca untuk Covax," katanya. (Xinhua/OL-14)

Baca Juga

AFP/Carl DE SOUZA

Brasil Laporkan Rekor Kasus Baru Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 12:05 WIB
Kementerian Kesehatan Brasil juga melaporkan angka kematian yang bertambah 351 pada Selasa (18/1), jumlah tertinggi sejak pertengahan...
AFP

Paspor Jepang dan Singapura Masih Terkuat di Dunia

👤Paspor Jepang dan Singapura Masih Terkuat di Dunia 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:43 WIB
Pemegang paspor Jepang dan Singapura memiliki akses bebas visa ke 192 negara di...
MOHAMMED HUWAIS / AFP

UEA Minta Dewan Keamanan PBB untuk Kutuk Serangan Houthi

👤 Nur Aivanni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:31 WIB
Houthi menggunakan drone untuk menjatuhkan bahan peledak di Abu Dhabi, ibu kota UEA, yang menewaskan tiga orang dan melukai enam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya