Sabtu 06 Maret 2021, 18:30 WIB

Covax Kirim Vaksin Covid-19 ke 20 Negara

Nur Aivanni | Internasional
Covax Kirim Vaksin Covid-19 ke 20 Negara

AFP/Tina Smole.
Menteri Kesehatan Uganda Jane Ruth Aceng (dua dari kana) berpose di sebelah kotak vaksin AstraZeneca yang dikirim Covax.

 

COVAX, kampanye vaksin internasional yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mitranya, telah mengirimkan lebih dari 20 juta dosis vaksin covid-19 ke 20 negara. Awal pekan ini, kampanye pertama vaksinasi covid-19 di Afrika menggunakan dosis yang disediakan oleh Covax.

Vaksinasi itu dimulai dari Ghana dan Pantai Gading kemudian diikuti dengan pengiriman ke 18 negara lain, sebagian besar di Afrika. Dalam konferensi pers, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa Covax akan mengirimkan 14,4 juta dosis ke 31 negara lebih lanjut pada pekan depan.

Namun, ujarnya, volume dosis yang disalurkan melalui Covax masih relatif kecil. Menurutnya, dosis itu hanya sekitar 2%-3% dari populasi negara yang menerima vaksin melalui Covax.

Tedros mengatakan organisasinya sedang berupaya untuk menghubungkan perusahaan yang memproduksi vaksin dengan perusahaan lain yang memiliki kapasitas berlebih untuk memproduksinya.

Dia juga menegaskan kembali seruan untuk transfer teknologi vaksin dari perusahaan yang memiliki hak paten atas vaksin kepada mereka yang dapat memproduksinya.

"Contoh yang baik dari pendekatan ini yaitu AstraZeneca. Perusahaan ini mentransfer teknologi vaksinnya ke SKBio di Republik Korea dan Serum Institute of India yang memproduksi vaksin AstraZeneca untuk Covax," katanya. (Xinhua/OL-14)

Baca Juga

AFP/STR

Biden dan Merkel Minta Rusia Pangkas Pasukan di Perbatasan Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:50 WIB
Dalam pembicaraan telepon, Rabu (14/4), Biden dan Merkel sepakat bahwa pemangkasan jumlah pasukan Rusia akan meredakan ketegangan di...
AFP/ ESTEBAN COLLAZO / Argentina

Presiden Argentina Pulih dari Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:29 WIB
Presiden Fernandez berada dalam kondisi sehat, memperlihatkan perkembangan positif, tanpa gejala, dan akan kembali bertugas pada Kamis...
AFP

Turki Sebut AS Batalkan Pengerahan Dua Kapal Perang ke Laut Hitam

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 15 April 2021, 08:27 WIB
Kantor berita negara Anadolu mengatakan kedua penempatan, yang dijadwalkan pada Rabu dan Kamis, telah dibatalkan. Ankara belum diberitahu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya