Jumat 05 Maret 2021, 17:10 WIB

Jepang: Satu Masker Terpasang Benar Lebih Efektif Ketimbang Dua

Mediaindonesia.com | Internasional
Jepang: Satu Masker Terpasang Benar Lebih Efektif Ketimbang Dua

ft.com
Ilustrasi: masker.

 

Simulasi superkomputer Jepang menunjukkan bahwa memakai dua lapis masker memberikan manfaat yang terbatas dalam menghalangi penyebaran virus dibandingkan dengan satu masker yang dipasang dengan benar.

Temuan itu sebagian berbanding terbalik dengan rekomendasi baru-baru ini yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bahwa pemakaian dua masker lebih baik dalam mengurangi paparan virus korona terhadap seseorang.

Para periset menggunakan superkomputer Fugaku untuk meniru aliran partikel virus dari orang-orang yang memakai berbagai jenis dan kombinasi masker, menurut sebuah penelitian yang dirilis pada Kamis (4/3) oleh raksasa penelitian Riken dan Universitas Kobe.

Menggunakan satu masker bedah, yang terbuat dari bahan yang bukan tenun, memiliki efektivitas 85 persen dalam memblokir partikel saat dikenakan di sekitar hidung dan wajah. Menambahkan masker poliuretan di atasnya meningkatkan keefektifan hanya menjadi 89 persen.

Mengenakan dua masker berbahan bukan tenun tidak berguna karena hambatan udara menumpuk dan menyebabkan kebocoran di sekitar tepinya.

“Menggunakan dua masker cukup tidak masuk akal," tulis para peneliti, yang dipimpin oleh Makoto Tsubokura.

Secara umum, masker N95 level profesional adalah yang terbaik dalam melindungi terhadap infeksi, diikuti oleh masker bukan tenunan, masker kain, dan terakhir jenis poliuretan, studi tersebut menunjukkan.

Tim peneliti Riken sebelumnya menggunakan superkomputer Fugaku untuk memodelkan bagaimana kelembapan dapat memengaruhi penularan virus dan risiko infeksi di kereta, ruang kerja, dan lingkungan lainnya.

Seiring pandemi Covid-19, konsensus ilmiah telah berkembang bahwa virus menyebar melalui udara dan penggunaan masker efektif dalam mengendalikan penularan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Brendan SMIALOWSKI

AS: Pembicaraan Nuklir tidak Langsung dengan Iran akan Dilanjutkan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 15 April 2021, 09:37 WIB
"Kami juga sangat terbuka tentang bagaimana ini akan menjadi proses yang panjang. Ini terjadi melalui negosiasi tidak langsung tetapi...
AFP/CHRISTIAN HARTMANN

Prancis Tawarkan Terapi Gratis untuk Anak Terimbas Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:57 WIB
Sistem keamanan sosial Prancis akan membiayai penuh 10 sesi terapi dengan psikolog untuk anak berusia antara 3 dan 17...
AFP/STR

Biden dan Merkel Minta Rusia Pangkas Pasukan di Perbatasan Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:50 WIB
Dalam pembicaraan telepon, Rabu (14/4), Biden dan Merkel sepakat bahwa pemangkasan jumlah pasukan Rusia akan meredakan ketegangan di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya