Rabu 24 Februari 2021, 10:41 WIB

Pejabat Dewan Listrik Texas Mengundurkan Diri

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Pejabat Dewan Listrik Texas Mengundurkan Diri

AFP
Perumahan di wilayah Waco, Texas, kembali dialiri listrik setelah berhari-hari dipadamkan.

 

EMPAT pejabat anggota dewan Electric Reliability Council of Texas (ERCOT) yang bertanggung jawab menyediakan listrik bagi lebih dari 26 juta warga di seluruh negara bagian AS mengundurkan diri. Pengunduran diri ini terjadi sehari sebelum legislator Texas akan memulai dengar pendapat atas masalah pasokan listrik yang sangat besar.

Semua anggota dewan yang mengundurkan diri, termasuk ketua yang tinggal di luar Texas. Dalam surat pengunduran diri bersama kepada anggota jaringan dan Komisi Utilitas Umum negara bagian yang mengawasi ERCOT, mereka mengatakan keputusan ini bertujuan untuk memungkinkan para pemimpin negara bagian bebas memberi arahan masa depan dan untuk menghilangkan gangguan.

Badai salju dan suhu satu digit di Texas minggu lalu membuat jutaan orang kehilangan pasokan listrik dan air selama berhari-hari. Badai itu adalah bagian dari ledakan es yang menyebabkan 80 orang meninggal dunia. 

Gubernur Texas Greg Abbott menyalahkan pemadaman listrik dikendalikan oleh ERCOT. Pemadaman terjadi melampaui kemampuan operator, karena pembangkit listrik dilumpuhkan oleh dingin yang ekstrim dan produsen gas alam tidak melindungi kepala sumur dari pembekuan. Abbott menyambut baik pengunduran diri dewan ERCOT.

"Kurangnya kesiapan dan transparansi dari organisasi itu tidak dapat diterima," kata Abbott.

"Negara Bagian Texas akan terus menyelidiki ERCOT dan mengungkap gambaran lengkap tentang apa yang salah, dan kami akan memastikan bahwa peristiwa bencana minggu lalu tidak akan pernah terulang," tambahnya.

baca juga: Texas Pulihkan Jaringan Listrik setelah Berhari-hari Gelap Gulita

Meskipun suhu menjadi lebih hangat di Texas dan listrik telah dipulihkan untuk sebagian wilayah, tapi lebih dari 15.000 rumah tetap belum teraliri listrik pada Selasa, menurut PowerOutage US yang melacak pemadaman listrik di seluruh Amerika Serikat. Pembekuan dalam juga memutuskan aliran air bersih ke banyak rumah tangga, memaksa pejabat negara untuk mendirikan titik distribusi air kemasan di seluruh negara bagian.

Dalam sebuah wawancara, Walikota Houston Sylvester Turner mengatakan bencana itu dapat diprediksi dan dicegah. Turner juga mengatakan negara harus memikul tanggung jawab atas biaya listrik selangit yang mungkin ditagih kepada penduduk. (Aljazeera/OL-3)
 

Baca Juga

AFP

Thailand Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 28 Februari 2021, 13:55 WIB
Dosis vaksin covid-19 pertama diterima Wakil PM Thailand Anutin Charnvirakul. Pejabat pemerintahan dan tenaga medis merupakan penerima...
AFP/JEROME FAVRE

Vaksin Pfizer-BioNTech Tiba di Hong Kong

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 28 Februari 2021, 11:23 WIB
Suntikan Pfizer-BioNTech akan diberikan kepada sekitar 2,4 juta penduduk yang memenuhi syarat dari kelompok prioritas seperti warga yang...
AFP

Dipecat Junta, Dubes Myanmar untuk PBB Tetap Berjuang Lawan Kudeta

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 28 Februari 2021, 11:06 WIB
"Saya memutuskan untuk melawan selama saya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya