Selasa 26 Januari 2021, 10:01 WIB

Parlemen Kanada Tetapkan Proud Boys Organisasi Teroris

Basuki Eka Purnama | Internasional
Parlemen Kanada Tetapkan Proud Boys Organisasi Teroris

AFP/CHANDAN KHANNA
Seorang pendukung mantan Presiden AS Donald Trump mengenakan kaos yang mendukung kelompok Produ Boys.

 

PARLEMEN Kanada, Senin (25/1), secara bulat menyetujui permintaan pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau untuk menetapkan kelompok sayap kanan sebagai organisasi teroris terlarang.

Langkah itu hanya simbolik namun pemerintah Kanada mengatakan pihak berwenang telah mengawasi kelompok itu dan mengumpulkan bukti untuk mendukung penetapan itu.

Dalam keputusannya, parlemen Kanada mendesak pemerintah untuk menggunakan segala cara untuk mengatasi masalah gerakan supremasi kulit putih dan kelompok pembenci dimulai dengan menetapkan Proud Boys sebagai organisasi teroris.

Baca juga: Putin Sebut Aksi Protes Pro-Navalny Ilegal dan Berbahaya

Anggota kelompok Proud Boys, yang didirikan oleh seorang warga Kanada yang kini menjauhkan diri dari kelompok itu, merupakan salah satu pendukung mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mereka ambil bagian dalam penyerbuan ke Gedung Capitol, awal bulan ini.

Ketua Proud Boys Enrique Tarrio ditangkap di Washington karena membakar spanduk Black Lives Matter pada Desember lalu.

Di Kanada, Proud Boys mencuri perhatian pada 2017 ketika lima anggota mereka yang berstatus prajurit angkatan laut dihukum karena mengganggu acara suku asli di Halifax.

Kanada telah menempatkan puluhan organisasi dalam daftar teroris, antara lain Al-Qaeda, Hezbollah, Taliban, dan Islamic State. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Tiongkok Luncurkan Paspor Virus

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 09 Maret 2021, 18:34 WIB
Fasilitas pertama di dunia itu memudahkan warga Tiongkok untuk bepergian ke luar negeri. Sebab, mencakup status vaksinasi dan hasil tes...
dok.mi

Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Lawan Varian Brasil

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 09 Maret 2021, 16:15 WIB
HASIL studi laboratorium yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menyebutkan vaksin covid-19 Pfizer dan BioNTech mampu...
AFP

Besok, DPR akan Ambil Keputusan Terkait Paket Bantuan Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:47 WIB
Demokrat bertujuan untuk memberlakukan undang-undang besar-besaran pada Minggu, saat tunjangan pengangguran federal yang dinaikkan akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya