Kamis 21 Januari 2021, 09:40 WIB

Trudeau akan Jadi Pemimpin Dunia Pertama yang Dihubungi Biden

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trudeau akan Jadi Pemimpin Dunia Pertama yang Dihubungi Biden

AFP/Lars Hagberg
PM Kanada Justin Trudeau

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan komunikasi pertamanya dengan pemimpin dunia lainnya, Jumat (22/1). Pemimpin dunia pertama yang akan dihubungi Biden adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"Pemimpin negara pertama yang akan dihubunginya adalah PM Trudeau pada Jumat (22/1)," ujar juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Rabu (20/1).

Psaki mengatakan Biden dan Trudeau akan membahas hubungan bilateral antara AS dan Kanada serta keputusan pemerintahan Biden untuk menghentikan pembangunan pipa minta Keystone XL antara Kanada dan AS.

Baca juga: Tiongkok Jatuhkan Sanksi untuk 28 Pejabat AS, termasuk Pompeo

TC Energy, perusahaan Kanada yang membangun pipa gas itu, menghentikan pembangunan pipa itu pada Rabu (20/1), dengan mengatakan mereka kecewa dengan keputusan itu dan menyebut keputusan itu menghilangkan ribuan pekerjaan.

Pemerintah Kanada menyetujui pembangunan itu pada 2010 namun kemudian diblok oleh Presiden AS Barack Obama pada 2015 karena masalah lingkungan. Keputusan itu kemudian dibatalkan oleh Donald Trump pada 2017.

Pipa gas sepanjang 1.947 kilometer itu, dijadwalkan pada 2023, akan mengirimkan 830 ribu barel minyak per hari dari Alberta, Kanada ke Nebraska, AS yang kemudian dilanjutkan ke penyulingan minyak di Texas. (AFP/OL-1)

Baca Juga

OSHIKAZU TSUNO / POOL / AFP

Tokyo Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 Hingga 21 Maret

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 10:51 WIB
Dalam keadaan darurat, pemerintah telah meminta restoran dan bar tutup pada pukul 8 malam serta berhenti menyajikan alkohol satu jam lebih...
Tiziana FABI / AFP

Italia Blokade Ekspor Vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Australia

👤 Nur Aivanni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 09:53 WIB
Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Italia mengatakan bahwa pengiriman tersebut dihentikan karena terus kekurangan vaksin di...
AFP

Kementerian dan Konglomerat Militer Myanmar Masuk Daftar Hitam AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 08:45 WIB
AS menambahkan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri serta konglomerat militer teratas di Myanmar dalam daftar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya