Minggu 10 Januari 2021, 21:54 WIB

Menteri Tenaga Kerja Austria Mundur Atas Tuduhan Plagiarisme

mediaindonesia.com | Internasional
Menteri Tenaga Kerja Austria Mundur Atas Tuduhan Plagiarisme

HELMUT FOHRINGER / APA / AFP
Menteri Tenaga Kerja Austria Christine Aschbacher mengundurkan diri usai diduga melakukan plagiarisme.

 

MENTERI Tenaga Kerja (Menaker) Austria Christine Aschbacher mengundurkan diri usai diduga melakukan plagiarisme pada sejumlah tugas di perguruan tinggi. Namun ia tetap membantah tuduhan itu dan menyebut dirinya mundur demi melindungi keluarganya.

Aschbacher, seorang anggota Partai Rakyat Austria yang memimpin koalisi pemerintah, diduga menyalin sedikitnya satu perlima disertasi doktoral dari sumber lain serta sebagian dari skripsi diploma, menurut Stefan Weber, akademisi yang menjadi pakar plagiarisme.

Weber menyebut bahwa sekitar satu perlima isi disertasi Aschbacher yang berjudul "Drafting a Leadership Style for Innovative Companies" ("Menyiapkan Gaya Kepemimpinan untuk Perusahaan Inovatif") disalin dari sumber lain tanpa mencantumkan rujukan yang tepat.

Plagiarisme yang dituduhkan tersebut antara lain bahwa Aschbacher menerjemahkan sebuah artikel berbahasa Inggris dari majalah Forbes, dan ia mengulang klaim penulis asli artikel itu dengan menyebut dirinya telah bekerja "dengan ratusan tim".

Namun Aschbacher menyebut ia menulis disertasi dan skripsi "berdasarkan pengetahuan dan keyakinan terbaiknya", seperti dikutip dari Kantor Berita Austria APA.

"Kebencian, hasutan politis, dan cacian sayangnya tidak hanya ditujukan kepada saya, namun juga anak-anak saya, dan (itu dilakukan) secara tak tertahankan," kata Aschbacher.

"Saya tidak dapat membiarkan hal ini berlanjut, karena saya melindungi keluarga saya. Atas alasan ini, saya mengundurkan diri dari jabatan saya," tutur dia.

Kanselir Austria Sebastian Kurz menyampaikan terima kasih kepada Aschbacher atas pekerjaannya sebagai menteri, dan menyebut bahwa pengganti Aschbacher akan diumumkan pada Senin (11/1). (Ant/OL-09)
 

Baca Juga

dok.Humas KBRI Kairo

HUT Ke-77 RI: Presiden Sisi Kirim Utusan Khusus ke Wisma KBRI Kairo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 11:50 WIB
KBRI Kairo menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 secara hibrida, Rabu (17/8) pukul 08.00 di lapangan hijau...
AFP

Ledakan Bom Menyasar Masjid di Kabul, 20 Orang Tewas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:05 WIB
Pemerintah Afghanisttan yang dikuasai Taliban mengecam aksi keji tersebut yang disinyalir dilakukan kelompok...
AFP/Yoav LEMMER

PBB Mulai Rangkaian Pertemuan dengan Junta Militer Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:21 WIB
Pertemuan pertama Heyzer dengan junta militer Myanmar itu akan menyoroti sejumlah isu yang menjadin perhatian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya