Minggu 20 Desember 2020, 14:27 WIB

Korban Tewas Akibat Topan Yasa di Fiji jadi 4 Orang

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Korban Tewas Akibat Topan Yasa di Fiji jadi 4 Orang

Antara
Ilustrasi

 

PALANG Merah Fiji mengatakan, Topan Yasa yang melanda Fiji telah menyebabkan malapetaka di beberapa daerah, membuat warga kehilangan tempat berlindung, dan air bersih.

“Korban tewas akibat Topan Yasa, badai kategori lima yang menghantam pada Kamis, bertambah menjadi empat orang,” kata pihak berwenang.

Direktur Jenderal Palang Merah Fiji Ilisapeci Rokotunidau mengungkapkan, hasil pantauan udara menunjukkan bahwa provinsi Bua di utara pulau Vanua Levu mengalami kerusakan sebesar 70 persen, sementara pulau kecil Kia hancur total.

"Ini seperti titik nol, tidak ada yang tersisa," kata Rokotunidau.

Baca juga : Belanda Larang Penerbangan dari Inggris

Sementara pulau terbesar Viti Levu, tempat tinggal bagi sekitar tiga perempat penduduk Fiji, terhindar dari hantaman terburuk, Vanua Levu dan pulau-pulau kecil lainnya sangat membutuhkan air bersih dan tempat berlindung.

“Komunikasi yang terganggu dan cuaca buruk menghambat upaya pemantauan kerusakan tetapi sukarelawan Palang Merah membantu mereka yang membutuhkan,” jelas Rokotunidau.

Selain dampak kerusakan, pihak berwenang juga khawatir tentang potensi penyebaran penyakit.

Sementara itu, Australia telah mengirim pesawat angkatan udara untuk membantu mengawasi daerah yang terkena badai dan telah menawarkan bantuan lebih lanjut ke Fiji jika diperlukan. (CAN/OL-2)

 

Baca Juga

Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...
Medcom.id

Iran: Kesepakatan Nuklir Tergantung Niat Baik Pihak Barat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:38 WIB
AS, yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, hanya berpartisipasi dalam pembicaraan secara tidak langsung atas desakan...
AFP/Abbas Momani.

Ketika Pengendara Mobil Israel Tersesat di Wilayah Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:34 WIB
Polisi mengidentifikasi salah satu orang Israel sebagai penduduk permukiman Shiloh di Tepi Barat. Satu lagi tinggal di kota Elad yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya