Selasa 08 Desember 2020, 08:24 WIB

Beijing Berkomitmen pada Kesepakatan Dagang Fase 1 dengan AS

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Beijing Berkomitmen pada Kesepakatan Dagang Fase 1 dengan AS

AFP/KIM MIN-HEE
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi

 

MENTERI Luar Negeri Tiongkok Wang Yi meyakinkan Beijing tetap berkomitmen pada kesepakatan perdagangan Fase 1 dengan Amerika Serikat.

"Dia pasti berkomitmen kembali. Di pihak Tiongkok, semua sistem berjalan. Mereka akan memenuhi komitmen mereka," kata Presiden Dewan Bisnis AS-Tiongkok Craig Allen.

Allen mengungkapkan grup yang mewakili 240 perusahaan yang melakukan bisnis di Tiongkok senang dengan kemajuan negara tersebut dalam menerapkan perubahan kebijakan di bawah perjanjian yang ditandatangani pada Januari.

Pada Oktober, pembelian barang-barang AS di Beijing yang ditentukan dalam kesepakatan Fase 1 senilai US$75,5 miliar, sekitar setengah dari tingkat yang seharusnya secara pro-rata tahunan. Hal itu menurut Peterson Institute for International Economics.

"Mereka tertinggal, tapi itu kesepakatan dua tahun," tutur Allen.

"Ini telah menjadi kesepakatan yang berhasil dalam hal mengubah kebijakan Tiongkok yang mencegah level playing field. Itu belum lengkap. Belum selesai, itulah fase 2," imbuhnya.

Baca juga:  Biden tidak Segera Hapus Perjanjian Dagang Fase 1 dengan Tiongkok

Allen mengatakan, anggota dewan Dewan Bisnis AS-Tiongkok menekan Wang pada kepentingan yang tersisa tentang perlakuan yang sama terhadap perusahaan AS, masalah visa dan hak kekayaan intelektual yang ingin ditangani oleh Beijing.

Wang mencatat Wakil Perdana Menteri Liu He akan memimpin negosiasi Tahap 2.

Tetapi Allen berharap dua ekonomi terbesar dunia itu akan memulai negosiasi tentang perjanjian Fase 2 setelah Presiden terpilih AS Joe Biden menjabat pada 20 Januari.(CNA/OL-5)

Baca Juga

Gizmochina

Xiaomi Corp Jalakan Tes untuk 140 Kendaraan di Tiongkok Secara Otonom

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:22 WIB
Xiaomi Corp saat ini sedang menjalankan tes pada 140 kendaraan di seluruh Tiongkok untuk mengemudi secara otonom, kata CEO perusahaan Lei...
AFP

Abu Dhabi Hadirkan Festival Musik Korea Bulan Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:10 WIB
Festival musik Korea di Abu Dhabi yang dinamakan “Hyperound K-Fest 2022” akan diadakan pada 10 September di Etihad Arena di...
TANG CHHIN Sothy / AFP

112 Pabrik di Kamboja Dibuka Dalam Tujuh Bulan, Serap 76.624 Pekerja

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:24 WIB
Sebanyak 112 pabrik baru dengan total investasi US$1,19 miliar, telah dibuka di Kamboja selama tujuh bulan pertama 2022, kata juru bicara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya