Rabu 02 Desember 2020, 16:45 WIB

Wah, Semua Warga Jepang Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Wah, Semua Warga Jepang Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

AFP/Charly Triballeau
Warga Jepang menikmati sore di sebuah taman wilayah Tokyo.

 

JEPANG akan memberikan vaksin covid-19 gratis bagi seluruh warganya. Kebijakan ini tertuang dalam undang-undang yang baru disahkan pada Rabu (2/12) waktu setempat.

Regulasi itu menyatakan pemerintah Jepang menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk. Pun, aturan itu telah mendapat persetujuan dari majelis tinggi parlemen.

Negeri Sakura diketahui telah memesan vaksin covid-19 dari Pfizer untuk 60 juta. Kemudian, 25 juta orang lainnya mendapat vaksin dari Moderna. Jepang juga akan menerima 120 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Covid-19 Belum Usai, Jepang Temukan Kasus Flu Burung

Pfizer dan Moderna telah mencari persetujuan penggunaan darurat di Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Tepatnya setelah uji klinis menunjukkan vaksin mereka memiliki efektifitas yang cukup tinggi.

Pengesahan aturan terkait vaksin covid-19 muncul dua pekan, setelah Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga mendeklarasikan status siaga maksimum akibat pandemi covid-19. Petugas medis bahkan memperingatkan rumah sakit berada di ambang kehancuran.

Baca juga: AS dan Eropa Matangkan Rencana Vaksinasi Covid-19

Secara keseluruhan, kasus covid-19 di Jepang relatif kecil, jika dibandingkan dengan negara lain. Kasus positif covid-19 di Jepang tercatat 150 ribu orang, dengan 2.100 kematian.

Akan tetapi, negara itu menghadapi gelombang ketiga covid-19. Otoritas melaporkan adanya kasus infeksi covid-19 harian dalam beberapa pekan terakhir.

Gubernur Tokyo meminta warga agar tidak hadir dalam acara yang tidak penting. Serta, meminta bisnis yang menyajikan alkohol untuk tutup lebih awal. Namun, tidak ada mekanisme penegakan hukum terkait imbauan tersebut.(CNA/OL-11)

Baca Juga

JOSHUA ROBERTS / AFP

Pembawa Acara TV dan Radio Legendaris Larry King Tutup Usia

👤Adiyanto 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 22:50 WIB
lKing telah berjuang melawan covid-19 selama berminggu-minggu dan telah menderita beberapa masalah kesehatan dalam beberapa tahun...
 ANTARA Foto/Faizal

Malaysia Catat Angka Tertinggi Covid-19 Sebanyak 4.275 Kasus

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 21:28 WIB
Negara Bagian Selangor terus mencatatkan penambahan kasus harian tertinggi yaitu sebanyak 1.421 dalam tempo 24...
AFP/NICOLAS ASFOURI

Setahun Paska Penguncian Wilayah di Wuhan

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 18:00 WIB
Di Tiongkok, pihak berwenang telah melaporkan kurang dari 5.000 kematian akibat virus itu, sebagian besar dari Wuhan pada awal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya