Rabu 02 Desember 2020, 07:21 WIB

CDC: Nakes dan Panti Jompo Prioritas Dapat Vaksin Covid-19

Siswantini Suryandari | Internasional
CDC: Nakes dan Panti Jompo Prioritas Dapat Vaksin Covid-19

AFP/CHANDAN KHANNA
Seorang relawan mendapatkan uji coba vaksin covid-19 di Research Centers of America (RCA) in Hollywood, Florida, Agustus 2020.

 

PETUGAS kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang seperti panti jompo harus diprioritaskan pada fase pertama vaksinasi Covid-19, kata Komite Penasihat  Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, Selasa (1/12).

CDC menyebutkan bahwa hasil panel memberikan suara sangat mendukung rekomendasi yang tidak mengikat untuk Tahap 1a yakni distribusi vaksin covid-19  ke negara bagian dan yurisdiksi lokal lainnya jika Food and Drug Administration (FDA) memberikan persetujuan darurat untuk vaksin pelopor.

"Saya percaya bahwa suara saya mencerminkan manfaat maksimum, bahaya minimum, mempromosikan keadilan dan mengurangi ketidaksetaraan kesehatan yang ada, sehubungan dengan distribusi vaksin ini," kata Jose Romero, ketua Komite Penasihat untuk Praktik Imunisasi.

Dua kelompok prioritas berjumlah sekitar 24 juta orang, yang merupakan perkiraan jumlah orang yang dapat diimunisasi pada bulan Desember jika vaksin yang dibuat oleh Pfizer dan Moderna disetujui. Dan kedua perusahaan akan memberikan 40 juta dosis yang mereka janjikan. Masing-masing membutuhkan dua dosis.

Dosis kedua dari vaksin Pfizer setelah tiga minggu, dan Moderna setelah empat minggu. Sara Oliver dari CDC menjelaskan setelah Desember, pihak berwenang mengharapkan untuk menerima antara lima hingga 10 juta dosis per minggu.

baca juga: Rusia Vaksinasi Korona untuk Warga Sipil

"Sebagian besar negara bagian berpikir mereka akan dapat memvaksinasi semua profesional kesehatan mereka dalam tiga minggu," kata ilmuwan senior CDC, Nancy Messonnier. (AFP/OL-3)
 

Baca Juga

DAVID GRAY / AFP

Australia Masuki Hari Ke-10 Tanpa Kasus Lokal Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 15:39 WIB
New South Wales--negara bagian terpadat di Australia -- tidak mencatat kasus lokal infeksi korona selama 10 hari setelah mencatat jumlah...
AFP

Anggota Parlemen ke Klub Malam, PM Jepang Minta Maaf

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 27 Januari 2021, 15:00 WIB
PM Jepang Yoshihide Suga, meminta maaf setelah anggota parlemennya mengunjungi klub malam. Sebab tidak memberi contoh baik bagi masyarakat...
AFP/	MIKHAIL KLIMENTYEV

Putin Ajukan RUU untuk Perpanjang Pakta Nuklir dengan AS

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:33 WIB
Pada 26 Januari 2021, Rusia dan Amerika Serikat mencapai kesepakatan tentang perpanjangan perjanjian NEW START selama lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya