Minggu 22 November 2020, 07:33 WIB

KTT G20 Bahas Pandemi, Trump Pilih Main Golf

Nur Aivanni | Internasional
KTT G20 Bahas Pandemi, Trump Pilih Main Golf

AFP/Tasos Katopodis/Getty Images
Presiden AS Donald Trump memilih bermain golf saat KTT G20 membahas soal pandemi covid-19.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump berpartisipasi dalam forum KTT G20, Sabtu (21/11), dengan bermain Twitter sepanjang sesi pembukaan dan melewatkan sesi yang fokus membahas pandemi covid-19.

Kehadiran Trump tersebut menjawab pertanyaan selama berminggu-minggu apakah Presiden AS itu akan hadir untuk KTT G20 tahun ini yang diadakan secara virtual karena pandemi. Tetapi, Jumat (20/11) malam, Gedung Putih merilis jadwal yang mengonfirmasi partisipasi Trump.

Dikutip dari CNN, ketika acara dimulai, Trump termasuk di antara sejumlah pemimpin dunia yang hadir dalam konferensi video tersebut, dari Gedung Putih.

Baca juga: Twitter akan Serahkan Akun @POTUS Saat Biden Dilantik

Tetapi hanya 13 menit setelah acara dimulai, Trump mengirim sebuah cuitan lewat akun Twitter-nya mengenai upayanya untuk membatalkan hasil pemilihan presiden AS.

Kemudian, pada pukul 10.00 waktu setempat, Trump telah meninggalkan Gedung Putih untuk berman golf.

Saat Trump tengah bermain golf, sesi tentang kesiapsiagaan pandemi sedang berlangsung. Sesi tersebut menampilkan sambutan dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan beberapa pemimpin dunia lainnya. Namun, Trump tidak berpartisipasi dalam sesi tersebut.

Menurut jadwal Gedung Putih, Trump akan mengikuti sesi G20 lainnya pada Minggu (22/11) pagi. Itu kemungkinan terakhir kalinya Trump bertemu dengan para pemimpin dunia lainnya dalam pertemuan tersebut saat akhir masa kepresidenannya semakin dekat.

Dikutip dari AFP, saat berbicara setelah pembukaan KTT, menurut sebuah sumber dengan akses ke sesi online, Trump mengatakan dia telah melakukan pekerjaan yang benar-benar luar biasa selama masa jabatannya, secara ekonomi dan selama pandemi. (CNN/AFP/OL-1)

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya