Rabu 09 September 2020, 11:00 WIB

Kamp Migran Utama Yunani Terbakar, Pengungsi Dievakuasi

Sri Purwandhari | Internasional
Kamp Migran Utama Yunani Terbakar, Pengungsi Dievakuasi

AFP/MANOLIS LAGOUTARIS
Kebakaran di kamo pengungsi di Pulau Lesbos, Yunani

 

Kamp migran terbesar terbesar di Yunani terbakar Rabu pagi. Namun, para pencari suaka yang mendiaminya sudah dievakuasi. Ada hampir 13.000 pencari suaka tinggal di rumah-rumah yang tidak sehat itu karena penuh sesak.

Seorang fotografer AFP di tempat kejadian melaporkan hampir seluruh kamp Moria di Pulau Lesbos terbakar. "Termasuk kebun zaitun di luar tembok kompleks utama. Banyak pencari suaka tidur di tenda di sana," lanjutnya.

Pencari suaka melarikan diri dengan berjalan kaki menuju kota pelabuhan Mytilene. "Tetapi diblokir oleh kendaraan polisi," tambahnya.

Baca juga: Banjir di Yunani, Tujuh Orang Tewas

Petugas pemadam kebakaran mengatakan sebelumnya sudah terjadi kebakaran di sekitar dan di dalam kamp yang memiliki kapasitas kurang dari 2.800 orang.

Stand by Me Lesvos, kelompok pendukung pengungsi, mengatakan di Twitter telah menerima laporan bahwa penduduk lokal Yunani di pulau itu telah memblokir pencari suaka yang melarikan diri untuk menuju ke desa terdekat.

"Seluruh kamp terbakar. Semuanya terbakar. Orang-orang melarikan diri. Rumah mereka di Moria hilang," kata organisasi itu.

Kantor berita Yunani ANA menyebut kebakaran terjadi setelah para pencari suaka yang akan ditempatkan di ruang isolasi memberontak usai dinyatakan positif virus covid-19 atau melakukan kontak dekat dengan pasien yang terinfeksi covid-19.

Kasus covid-19 di kamp tersebut telah mengalami lonjakan sejak dilaporkan kasus pertama Rabu lalu. Hingga kini sudah 35 kasus covid-19 yang dikonfirmasi.

Baca Juga

AFP/JOEL SAGET

Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca akan Jalani Uji Tambahan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 09:38 WIB
Usai mengklaim vaksin itu memiliki efektivitas hingga 90%, banyak kritik yang mempertanyakan klaim...
AFP/JOEL SAGET

WHO Optimistis Vaksin dapat Kendalikan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 27 November 2020, 08:03 WIB
"Kehidupan yang seperti dulu kita kenal, saya rasa sangat, sangat mungkin. Namun, kita harus tetap menjaga kebersihan dan jarak fisik....
AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Trump Janji Lengser Jika Electoral College Menangkan Biden

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 07:57 WIB
Sejauh ini, Trump menentang hasil pemilu dengan menolak mengakui kekalahannya dan membuat serangkaian klaim tidak berdasar tentang dugaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya