Senin 07 September 2020, 10:30 WIB

Semenanjung Korea Waspada Topan Haishen

Faustinus Nua | Internasional
Semenanjung Korea Waspada Topan Haishen

AFP/YONHAP
Ombak besar terjadi di Kota Busan saat Topan Haishen mendekati wilayah Korea Selatan.

 

KOREA Selatan (Korsel) bersiap kedatangan Topan Haishen, Senin (7/9), setelah badai kuat itu menghantam pulau-pulau bagian selatan Jepang meski tanpa menyebabkan kerusakan besar atau korban jiwa.

Badan cuaca Korsel mengatakan badai yang membawa angin berkecepatan hingga 144 km per jam itu tengah menuju utara ke arah kota terbesar kedua di Korea Selatan, Busan.

Angin kencang telah memutus aliran listrik ke hampir 5.000 rumah warga di ujung selatan Semenanjung Korea. Hal itu, termasuk pulau resor Jeju, yang telah melaporkan curah hujan lebih dari 473 mm sejak Sabtu (5/9).

Baca juga: Topan Kuat Hantam Jepang Bawa Angin Kencang, Hujan Lebat

Pejabat telah mengevakuasi hampir 1.000 orang, sementara lebih dari 300 penerbangan di 10 bandara, termasuk Bandara Internasional Jeju, telah dibatalkan. Izin masuk ke taman nasional dan beberapa layanan kereta nasional telah ditangguhkan.

Otoritas Korsel menambahkan 32 orang terluka, termasuk seorang perempuan yang jatuh dari tangga dalam gelap dan empat orang yang menderita luka setelah jendela kaca pusat evakuasi meledak.

Hampir 2 juta orang telah diperintahkan mengungsi dari wilayah tersebut. Lantaran masih belum pulih dari hujan lebat dan banjir sebelumnya, pada Juli yang menewaskan 83 orang.

Topan Haishen datang hanya beberapa hari setelah Topan Maysak menghantam semenanjung Korea, menewaskan sedikitnya dua orang dan ribuan orang harus hidup tanpa listrik.

Haishen juga diperkirakan akan mendekati kota pelabuhan Chongjin. Korea Utara (Korut, Senin (7/9) malam. Sektor pertanian Korut sangat rentan terhadap cuaca buruk dan badai serta banjir musim panas ini telah menimbulkan kekhawatiran atas situasi pangan yang lemah di negara itu.

Pemimpin Korut Kim Jong Un, Sabtu (5/9), mengunjungi daerah pesisir yang dilanda Maysak, dan memerintahkan anggota partai untuk bergabung dalam upaya pemulihan. (CNA/OL-1)

Baca Juga

 Stephen Maturen/Getty Images/AFP

AS Deteksi Kasus Pertama Varian Virus Korona Asal Brasil

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 26 Januari 2021, 10:07 WIB
Kasus pertama dari varian virus korona yang baru-baru ini muncul di Brasil telah dikonfirmasi di Amerika Serikat., Senin...
AFP/CHANDAN KHANNA

Parlemen Kanada Tetapkan Proud Boys Organisasi Teroris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Januari 2021, 10:01 WIB
Di Kanada, Proud Boys mencuri perhatian pada 2017 ketika lima anggota mereka yang berstatus prajurit angkatan laut dihukum karena...
AFP/Patrick T. FALLON

California Akhiri Lockdown Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Januari 2021, 08:47 WIB
Aturan pembatasan diberlakukan pada tujuh pekan lalu bagi sekitar 20 juta warga di selatan dan tengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya