Senin 27 April 2020, 17:46 WIB

Tiongkok Klaim Tidak Tahu Kondisi Pemimpin Korut

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok Klaim Tidak Tahu Kondisi Pemimpin Korut

AFP
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, saat melakukan inspeksi terhadap pasukan militer.

 

KEMENTERIAN Luar Negeri Tiongkok menegaskan pihaknya tidak memiliki informasi terkait Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Meski banyak laporan dan spekulasi terkait keberadaan dan kondisi medis Kim.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Geng Shuang, memberikan tanggapan dalam pengarahan rutin kepada pers. Dia ditanyai laporan delegasi Tiongkok, termasuk para ahli medis, yang dikirim ke Korea Utara. Media mempersoalkan motif pengiriman yang diduga terkait penanganan covid-19 di Korea Utara, atau malah membantu pemulihan Kim Jong-un.

Baca juga: Ketidakhadiran Kim Jong-un Picu Spekulasi

Tiga sumber yang mengetahui situasi itu mengklaim sebuah tim dari Tiongkok dikirim ke Korea Utara pada Kamis waktu setempat. Kedatangan mereka diduga untuk memberi nasihat tentang Kim. Namun, tidak jelas apakah ini terkait kesehatan pemimpin di negara paling tertutup.

Sebelumnya, media Korea Utara juga bungkam tentang keberadaan Kim Jong-un. Tidak ada laporan mengenai aktivitas publik pemimpin Korea Utara di tengah berbagai spekulasi. Kabar masalah kesehatan Kim mencuat setelah CNN mengeluarkan laporan yang mengutip pejabat Amerika Serikat (AS). Disebutkan Washington tengah menyelidiki laporan intelijen, bahwa Kim sempat kritis setelah menjalani operasi.(CNA/OL-11)

Baca Juga

AFP

Trump Tinggalkan 'Wasiat' untuk Biden

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:52 WIB
Trump tidak memasuki Oval Office tetapi meninggalkan pesan pada seorang ajudan sebelum meninggalkan kediaman eksekutif sekitar pukul 8...
AFP/Brendan Smialowski

Jelang Biden Dilantik, Mahmakah Agung AS Diancam Diledakkan

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:32 WIB
Gedung Mahkamah Agung AS dapat ancaman bom....
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pabrik Tempe Pertama RI Resmi Dibangun di Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:01 WIB
Pabrik tempe tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di Tiongkok yang dikatakan cukup besar untuk mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya