Rabu 08 April 2020, 17:56 WIB

Setelah Vanuatu, Topan Harold Hantam Fiji

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Setelah Vanuatu, Topan Harold Hantam Fiji

AFP
Warga di Kepulauan Fiji melintasi banjir yang disebabkan terjangan Topan Harold.

 

BADAI Pasifik yang mematikan telah menghantam Kepulauan Fiji, Rabu (8/4), hingga merusak atap dan membanjiri sejumlah kota. Sebelumnya, topan dashyat meninggalkan jejak kehancuran di Kepulauan Solomon dan Vanuatu.

Topan Harold terpantau sedikit melemah semalam, dari Kategori 5 ke Kategori 4. Namun, pergerkana badai tropis masih memukul Fiji dengan kecepatan angin hingga 240 kilometer per jam (150 mil per jam).

Layanan cuaca resmi NaDraki menyatakan topan berada di lepas pantai selatan pulau utama Fiji, Viti Levu. Akan tetapi, kemudian melintas lebih dekat ke daratan daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: Badai Harold Terjang Vanuatu, 27 Orang Dilaporkan Tewas

Meski mengalami penurunan kategori, Topan Harold tetap sangat berbahaya karena mencengkeram di timur. Serta, mengancam kerusakan lebih lanjut di wilayah Tonga pada Kamis pagi waktu setempat.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan kerusakan parah di Nausori, tepat di luar ibu kota Fiji, Suva. Banyak atap rumah berupa seng yang tercabut angin ganas.

"Otoritas darurat adalah satu-satunya personel yang diizinkan melakukan perjalanan. Semua warga Fiji harus tinggal di dalam rumah," tegas Perdana Menteri Kepualaun Fiji, Frank Bainimarama.

"Ada sejumlah laporan tentang angin yang menghantam di daerah Suva. Itu bisa mematikan. Tetap di dalam ruangan dan menjauh dari bahaya," imbuhnya.

Baca juga: Topan Phanfone Hantam Filipina pada Hari Raya Natal

Kantor Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan penduduk di sepanjang pantai selatan, rumah bagi banyak resor wisata utama negara itu, harus mengungsi.

Direktur NDMO, Vasiti Soko, mengatakan 85 pusat evakuasi telah didirikan. Para pejabat berusaha menjalankan physical distancing untuk memastikan covid-19 tidak menyebar di tengah penyelamatan dari topan.

Fiji memiliki 15 kasus positif virus korona (covid-19). Semua penderita tengah menjalani karantina sebelum topan menghantam. Sebelumnya, Topan Harold merenggut 27 nyawa di Kepulauan Solomon pekan lalu. Kemudian menghantam wilayah Vanuatu, dengan sebagian besar kota mengalami kehancuran.(AFP/OL-11)

 

Baca Juga

alamy.com

Universitas yang Didirikan Jack Ma Berganti Nama

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 01:09 WIB
Hupan University yang didirikan oleh pendiri raksasa e-dagang Alibaba, Jack Ma, berganti nama, demikian media Tiongkok, Selasa...
forbes.com

Maskapai Amerika Wajibkan Tes Covid-19 untuk Tujuan Italia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 00:19 WIB
Pemerintah Italia melonggarkan sejumlah pembatasan dan persyaratan perjalanan terkait COVID-19 dalam upaya meningkatkan pariwisata musim...
politico.eu

Emmanuel Macron Gelar KTT Bahas Pemulihan Ekonomi Afrika

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:56 WIB
Untuk menemukan cara membiayai ekonomi Afrika yang dirugikan oleh pandemi COVID-19 dan membahas penanganan hutang miliaran dolar di benua...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya